Pengertian Manajemen Dan Menurut Para Ahli Dilengkapi Fungsinya

Berikut ini pengertian manajemen dan menurut para ahli – Jaman sekarang sering sekali kita mendengar istilah manajemen dalam kehidupan di masyarakat, tapi apakah yang dimaksud dengan manajemen? berikut penjelasannya.

A. Apa Pengertian Manajemen?

Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan seperti: perencanaan (planning), pengorganisasian, penggerakan & pengawasan yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui pemanfaatan berbagai macam sumberdaya. Itulah pengertian manajemen secara umum.

B. 5 Pengertian Manajemen Menurut beberapa Ahli

Di bagaian bawah ini adalah beberapa pengertian manajemen menurut para ahli :

pengertian manajemen
sumber: pixabay.com
  • Menurut Marry Parker Follet – manajemen adalah sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui oranglain.
  • Lalu menurut Lawrence A. Appley – Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
  • Terus menurut G.R. Terry – Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan/pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksudmaksud yang nyata.
  • Sedangkan menurut Renville Siagian – Manajemen adalah suatu bidang usaha yang bergarak dalam bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh para tenaga ahli tyerlatih serta berpengalaman.
  • Dan menurut Menurut Hilman – Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain & mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.

C. 4 Fungsi Manajemen

Inilah 4 (Empat) Fungsi manajemen, diantaranya meliputi:

1. Fungsi Perencanaan (Planning)

Proses yang menyangkut berbagai macam upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa depan atau masa yang akan datang dan penentuan strategi serta taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan dari suatu organisasi, perusahaan atau lembaga. Aktivitas dari perencanaan memfokuskan pada mempertahankan tujuan. Para manajer menegaskan secara jelas dan detail apa yang organisasi, perusahaan ataupu suatu lembaga harus lakukan supaya berhasil. Perencanaan fokus terhadap kesuksesan dari suatu organisasi dalam jangka waktu pendek dan juga jangan panjang. Baca Juga: Pengertian Perencanaan (Planning).

2. Pengorganisasian

Yaitu memberikan tugas sebagai hasil dari tahapan perencanaan, tugas itu di berikan kepada beragam individu ataupun kepada grup didalam suatu organisasi ataupun lembaga. Mengorganisir adalah menciptakan mekanisme untuk menjalankan rencana.

3. Pengarahan

Pengaruh atau pengarahan merupakan sebuah Motivasi, kepemimpinan ataupun arah. Pengaruh dapat di definisikan sebagai suatu bimbingan dari aktivitas anggota organisasi dalam arah yang bisa membantu organisasi lebih terarah untuk mencapai tujuannya. Baca Juga: Pengertian Manajemen Strategi.

4. Pengendalian

Yaitu proses yang dilakukan untuk memastikan bahwa semua rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan maupun diimplementasikan supaya dapat berjalan sesuai dengan target yang ingin di capai, sekalipun berbagai macam perubahan terjadi dalam lingkungan kegiatan yang dihadapi.

Pengendalian merupakan sejumlah peranan yang dilakukan oleh para manajer: Mengumpulkan berbagai informasi untuk mengukur performa, membandingkan performa yang sekarang dengan sebelumnya serta menentukan aksi, taktik selanjutnya dari rencana dan juga melakukan modifikasi untuk mencapai parameter performa diharapakan.

Itulah pembahasan mengenai pengertian manajemen secara lengkap, terimakasih telah membaca dan berkunjung semoga postingan kali ini dapat bermanfaat…

Bagikan Ke: