Pengertian Ilmu Komunikasi Secara Jelas dan Unsurnya

Berikut ini pembahasan mengenai pengertian ilmu komunikasi secara umum dan unsur-unsurnya. Singkatnya yang di maksud Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara beromunikasi serta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai saran komunikasi terhadap masyarakat.

Definisi Ilmu Komunikasi!

Pengertian ilmu komunikasi adalah suatu ilmu yang mempelajari cara-cara untuk menyampaikan ide secara efektif, sehingga ide tersebut dapat dipahami orang lain. Proses penyampaian itu sendiri dapat melalui media tertulis, lisan, atau media yang lainnya.

Sedangkan pengertian ilmu komunikasi menurut para ahli atau beberapa pakar dalam buku Sasa Djuarsa Sendjaja, Pengantar Ilmu Komunikasi, salah satunya yaitu Berelson dan Stainer (1964) mengatakan bahwa Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian, dan lain-lain menggunakan simbol-simbol, seperti kata-kata, gambar, angka, dan lain-lain.

pengertian ilmu komunikasi
pixabay.com

Unsur-Unsur Komunikasi

1. Sumber (Komunikator)

Semua peristiwa komunikasi akan melibatkan sumber sebagai pembuat atau sebagai pengirim informasi. Di dalam komunikasi antara manusia, sumber bisa terdiri dari satu orang, akan tetapi dapat juga dalam bentuk kelompok misalnya seperti partai, organisasi, ataupun lembaga. Sumber sering disebut sebagai pengirim atau komunikator, jika dalam bahasa Inggris disebut dengan source, sender, ataupun encoder.

BACA: Pengertian Komunikasi Verbal dan Non Verbal

2. Pesan

Keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan ini memiliki inti pesan yang sebenarnya menjadi pengarah di dalam usaha mencoba mengubah sikap dan juga tingkah laku komunikan. Pesan bisa secara panjang lebar mengupas berbagai segi, tetapi inti pesan dari komunikasi akan selalu mengarah kepada tujuan akhir dari komunikasi tersebut.

3. Channel (Saluran atau Media)

Saluran penyampaian pesan, biasanya disebut juga dengan media. Media komunikasi dapat dikategorikan ke dalam dua diantaranya media umum dan media massa. Media umum yaitu suatu media yang dapat dipakai oleh segala bentuk komunikasi. Media massa yaitu suatu media yang dipakai untuk komunikasi massa, seperti misalnya televisi, radio, surat kabar dll.

BACA: Pengertian Media Komunikasi dan Fungsinya

4. Penerima

Pihak yang menjadi sasaran dari pesan yang dikirim oleh sumber atau komunikator. Penerima pesan bisa terdiri satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelompok, komunitas, dan lain-lain.

5. Feedback (Umpan balik)

Informasi yang dikirimkan balik ke sumbernya. Feedback dapat berasal dari individu itu sendiri maupun orang lain. Jadi komukikator menerima umpan balik dari pesannya sendiri, umpan balik bisa berupa respon, tanggapan atau jawaban dari pesan yang dikirimkan.

Ada juga umpan balik sendiri seperti Mendengar apa yang di katakan, merasakan gerakan sendiri, dan melihat apa yang kamu tulis itu juga termasuk umpan balik. Untuk lebih jelasnya di bawah ini macam-macam umpan balik::

  • Zero feedback: pesan yang tidak  dimengerti oleh komunikan.
  • Positive feedback: pesan yang dimengerti oleh komunikan
  • Neutral feedback: respon yang tidak memihak atau tidak mendukung ataupun menentang.
  • Negative feedback: yaitu respon yang bersifat merugikan atau menyudutkan komunikator/sumber.

Akhir kata,Itulah pembahasan mengenai pengertian ilmu komunikasi beserta unsur-unsurnya semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan, dan jika ditemukan kesalahan mohon maaf, terimakasih.

Bagikan Ke: