Pengertian Pasar Oligopoli dan Ciri-Cirinya serta 5 Contohnya

Mengenal pengertian pasar oligopoli dilengkapi  ciri-ciri, kelebihan, kekurangan, dan contoh pasar oligopoli – Singkatnya pasar oligopoli merupakan suatu pasar yang dimana terdapat hanya beberapa penjual dalam pasar suatu produk tertentu. Kadang-kadang ada yang membedakan untuk pasar yang dimana hanya terdapat dua penjual saja, pasar seperti itu disebut dengan pasar duopoli. Sementara itu, pasar yang terdiri lebih dari dua penjual disebut dengan sebutan pasar Oligopoli.

A. Jelaskan Pengertian Pasar Oligopoli!

Pasar oligopoli adalah jenis pasar yang didialamnya terdapat produk yang hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan, meski hanya segelintir perusahaan yang memproduksi dan menawarkan produk tersebut tapi bisa mempengaruhi pasar secara signifikan.

Salah satu ciri pasar oligopoli yaitu hanya ada beberapa produsen tapi memiliki jumlah konsumen yang banyak. Produk yang di produksi bisa sama maupun berbeda-beda dan setiap kebijakan produsen dapat mempengaruhi harga produk. Jumlah produsen pada umumnya tetap, persaingan produk sering terjadi umumnya melibatkan teknologi baik dalam produksinya maupun dalam memperluas pasarnya, perusahaan yang bersaing sebagian besar bertaraf nasional dan internasional sehingga perusahaan sulit untuk bersaing.

pengertian pasar oligopoli
gambar: investor.id

B. 5 Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

Adapun beberapa ciri pasar oligopoli, diantaranya:

1. Hanya ada beberapa produsen yang menguasai pasar

Produsennya relatif sedikit tapi memiliki konsumen yang sangat banyak, karena umunya perusahaan bertaraf internasional yang menguasia pasar jadi untuk perusahaan baru akan sangat sulit bersaing.

2. Produk yang diperjualbelikan bersifar homogen dan berbeda corak

Sebagian besar produk yang dijual sama tapi hanya berbeda corak atau beda variasi hingga berbeda spesifikasi, maka disini setiap perusahaan berlombah-lomba mengeluarkan produk dengan inovasi baru. Misal seperti speda motor ada yang matic, manual, ada yang berkapasitas mesin 110cc, 125cc dan lain-lain jadi perusahaan tersebut hanya memproduksi speda motor saja beserta suku cadangnya.

3. Terjadinya persaingan

Dalam pasar terjadi persaingan, sehingga setiap kebijakan satu perusahaan akan mempengaruhi perusahaan lainnya. Jadi setiap perusahaan akan selalu waspada tentang strategi bisnis perusahaan lainnya.

4. Banyak harga produk yang hampir sama

Ciri-ciri pasar oligopoli selanjutnya produk yang di jual kadang memiliki harga yang sama satu sama lain, atau harganya tidak jauh berbeda. Seperti sepeda motor banyak yang harganya tidak jauh berbeda pada jenis tertentu.

5. Perusahaan Baru sulit bersaing

Contohnya di Indonesia dari dahulu hanya ada empat perusahaan otomotif sepeda motor terbesar seperti Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki. Hingga saat ini pendatang baru susah untuk bersaing di pasaran.

C. Contoh Pasar Oligopoli

Berikut ini beberapa contoh pasar oligopoli, diantaranya:

1. Smartphone

Bisa dikatakan smartphone saat ini menjadi barang yang harus dimiliki setiap orang karena teknologi ini berguna untuk sarana komunikasi yang cepat dan sebagai sarana hiburan juga. Di pasaran banyak merek smartphone yang beredar dengan berbagai merek dan spesifikasi mulai dari smartphone spesifikasi kelas atas, kelas menengah, dan bawah. Di Indonesia sendiri merek smartphone saat ini dikuasai oleh brand Samsung, Apple, Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

2. Sepeda Motor

Saat ini kendaraan bermotor sudah menjadi suatu hal yang harus di miliki setiap keluarga, karena dapat memudahkan saat bepergian. Contohnya brand kendaraan sepeda motor yang terkenal di Indonesia seperti Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki.

3. Mie Instan

Mie instan menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia terutama anak kost. Perusahaan mie instan terbesar di Indonesia seperti brand Indomie, Mie Sedap, Sarimi, dan Supermie.

4. Laptop

Produsen laptop yang terkenal di Indonesia dan brandnya banyak diminati seperti Asus, Acer, Hp, Lenovo, karena dari brand tersebut ada yang memproduksi laptop kelas menengah ke bawah dengan harga yang terjangkau.

5. Air Mineral

Di Indonesia terdapat beberapa perusahaan besar yang memproduksi air mineral, tapi banyak juga perusahaan baru berusaha bersaing di pasaran. Beberap contoh perusahaan air mineral terbesar di Indonesia misalnya brand aqua, le minerale, nestle, amidis, dll.

Baca Juga: Pengertian Keseimbangan Pasar

Baca Juga: Pengertian Perilaku Konsumen

D. Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli

1. Kelebihan

Kebaikan dari pasar oligopoli, perusahaan akan mengembangkan penelitian dan melakukan inovasi terhadap produknya. Inovasi tersebut sangat diperlukan sebab persaingan yang terjadi bukan dalam bentuk persaingan harga, tapi dari hal kualitas produknya.

2. Kekurangan

Kelemahan pasar oligopoli, harga dalam pasar ini cenderung cukup tinggi, sehingga pihak perusahaan akan memperoleh keuntungan yang cukup besar. Kondisi seperti ini bisa berakibat kepada tidak meratanya distribusi pendapatan. Dan selain itu, biaya dari promosi yang dibutuhkan cukup besar yang dapat berakibat pada membesarnya biaya produksi.

Demikian artikel tentang definisi atau pengertian pasar oligopoli dan ciri-cirinya, semoga tulisan kali ini dapat bermanfaat dan jika di temukan kesalahan dalam pembahasan ini mohon di maafkan, terimakasih…

Bagikan Ke: