Pengertian Alur dan Macamnya serta Unsurnya

Sekilas pengertian alur cerita disertai jenis-jenis, dan unsur-unsurnya yang menjadi hal terpenting dalam penyusun suatu karya sastra – Pernahkah kamu membaca novel atau cerpen yang memiliki jalan cerita seperti maju atau mundur? Nah… itulah yang dimaksud dengan alur atau plot, untuk itu mari bahas bersama-sama.

A. Jelaskan Pengertain Alur Cerita!

Yang dimaksud dengan alur adalah struktur atau rangkian kejadian pada cerita yang tersusun secara kronologis. Bisa juga arti alur yaitu unsur intrinsik penyusun cerita yang berupa rangkaian kejadian dari bagian awal hingga bagian akhir cerita.

Alur akan mengatur bagaiamana kejadian maupun tindakan dalam suatu cerita yang berhubungan satu sama lain, misal hubungan antara peristiwa satu dengan bersitiwa lainnya dan bagaimana tokoh di dalamnya berberan atau bertindak dari waktu ke waktu.

pengertian alur adalah
Gambar: Pixabay.com

B. Macam-macam atau Jenis-Jenis Alur

Alur yang sering digunakan dalam cerita dibagi menjadi 3 bagian, diantaranya:

1. Alur Maju

Alur maju adalah suatu alur yang menampilkan peristiwa secara kronologis atau berurutan dari awal hingga akhir (dari masa sekarang ke masa selanjutnya). Bisa digambarkan alur maju kronologisnya dari tahap awal, tahap menengah, hingga tahap akhir cerita. Alur ini sering digunakan oleh penulis pemula karena tidak terlalu sulit untuk merangkai cerita. Alur maju juga sering digunakan untuk cerpen karena cerpen tidak memiliki rangkain cerita yang panjang dan kompleks. Tapi bukan berarti tidak bisa di gunakan untuk cerita kompleks. Baca Juga: Pengertian Sudut Pandang dan Jenisnya

2. Alur Mundur

Alur mundur adalah alur yang menceritakan masa lampau atau menceritakan kejadian sebelum penyelesaian konflik. Dalam cerita alur mundur menceritakan kejadian-kejadian di masa lalu atau waktu yang telah berlalu. Penulis yang menggunakan alur ini biasanya sering berhati-hati dalam merangkai kejadian supaya pembacanya tidak kebingungan.

3. Alur Campuan (Maju-Mundur)

Dari jenis-jenis alur dia atas Alur campuran lah yang bisa dikatakan sering digunakan untuk cerita kompleks misalnya untuk membuat Novel. Jadi dalam menyusun kejadian ceritanya menggunakan alur maju-mundur, misal sedang menceritakan kejadian sekarang lalu menceritakan kejadian masa lalu kembali lagi ke masa sekarang hingga mencapai penyelesaian.  Alur ini bisa digunakan asal penulis mengerti cara mengatur plot ceritanya. Baca Juga: Pengertian Latar dan Macamnya

C. Unsur-Unsur Alur

Secara umum unsur-unsur alur dapat dijelaskan sebagai berikut di bawah ini:

1. Pengenalan Cerita

Pada bagian ini, pengarang akan memperkenalkan tokoh utama, penataan adegan cerita dan hubungan antar tokoh yang terdapat dalam cerita.

2. Awal Konflik

Pada bagian ini pengarang atau pembuat cerita akan memunculkan bagian-bagian dalam cerita yang dapat menimbulkan permasalahan.

3. Menuju Konflik

Pengarang cerita akan meningkatkan permasalahan yang dialami olah tokoh.

4. Konflik Memuncak / klimaks

Pada bagian ini merupakan puncak permasalahan yang dihadapi oleh tokoh, pada bagian ini juga tokoh dalam cerita akan dihadapkan dalam penentuan akhir yang akan dialaminya, keberhasilan atau kegagalan biasanya menjadi penentuan nasib tokoh dalam cerita.

5. Penyelesaian / Ending

Merupakan akhir dari cerita, pada bagian ini akan menjelaskan bagaimana nasib tokoh dalam cerita tersebut apakah endingnya bahagia, buruk, ataupun menggantung.

Demikian penjelasan atau pengertian alur cerita yang dilengkapi jenis maupun unsurnya, semoga bermanfaat, jika ada sedikit kesalahan mohon maaf, terimakasih…

Bagikan Ke: