Pengertian Mouse Dan Fungsinya Pada Komputer

Seputar pengertian mouse dan fungsinya pada komputer dilengkapi juga dengan jenis-jenisnya. Orang yang sehari-hari bekerja dengan menggunakan komputer pasti sudah mengenal apa itu mouse, dan umumnya orang jaman sekarang sudah tidak asing lagi dengan perangkat keras komputer yang satu ini. Tapi apakah kamu sudah mengetahui apa definisi mouse, apa saja fungsi dan manfaat yang bisa di dapatkan secara lengkap, serta apa saja jenis-jenisnya. Untuk memahaminya mari kita baca penjelasan pada tulisan ini.

A. Pengertian Mouse Komputer

Yang di maksud Mouse adalah suatu hardware/perangkat keras yang ada pada komputer, berguna untuk menggerakan kursor yang tampil di layar monitor komputer. Mouse menjadi perangkat penting bagi komputer yang menggunakan Sistem Operasi GUI (Graphical User Interface). Karena pada sistem operasi berbasis GUI mouse berperan sebagai perangkat yang dapat memberikan perintah masukkan pada komputer.

Mouse merupakan perangkat keras yang di rancang untuk menjalankan program dan perintah dari user yang di instruksikan melalui gerak sensor saat di jalankan, sehingga pointer pada monitor bergerak. Pada Mouse terdapat tombol untuk melakukan klik kiri, klik kanan, dan juga scroll. Fungsi tombol pada mouse tersebut berbeda-beda, diantaranya:

pengertian mouse komputer
sumber: pixabay.com
  • Tombol Klik Kiri; fungsinya untuk memilih menu, dan jika melakukan doubel klik maka dapat membuka program aplikasi.
  • Tombol Klik Kanan; fungsinya untuk membuka menu options.
  • Tombol scroll; fungsinya untuk mendrag atau juga menaik-turunkan scroll bar, tapi pada scroll bar yang bisa di klik (di tekan) itu fungsinya untuk doubel klik dalam sekali tekan.

B. Sejarah Mouse Komputer Secara singkat

Orang yang pertama kali menemukan Mouse komputer ialah Douglas Engelbart, dia memperkenalkan mouse pertama kali pada tahun 1963. Lalu Douglas Engelbart pada tahun 1970 memperkenalkan mouse yang bisa mengetahui letak X-Y pada monitor, mouse ini diberi nama X-Y Position Indicator. Dan akhirnya Xerox berhasil menyempurnakan mouse komputer yang ditemukan Douglas Engelbart, dan secara komersial digunakan oleh apple dan microsoft. Itulah mengapa Dougolas Engelbart sangat berjasa dalam dunia komputer.

C. Istilah Perintah Saat Menggunakan Mouse Komputer

Ada beberapa istilah perintah dasar pada saat menggunakan mouse, misalnya seperti:

Klik Kanan; untuk melakukan perintah klik kanan cukup menekan tombol bagian kanan mouse, nanti pada layar monitor akan muncul menu yang terdapat beberapa pilihan sesuai dengan program aplikasi yang digunakan.

Klik Kiri; untuk melakukan perintah klik kiri cukup menekan tombol bagian kiri mouse. Tombol ini umumnya sering digunakan untuk memilih menu program yang dijalankan. Atau melakukan doubel klik biasanya untuk membuka program yang ingin dijalankan pada komputer.

Tombol Scroll; umumnya mouse yang ada saat ini sudah terdapat tombol scroll, bentuknya seperti roda bisa di gulung keatas maupun bawah, dan pada mouse strandar umumnya tombol scroll terdapat di tengah. Fungsinya untuk menggeser scroollbar ke atas dan kebawah sehingga dapat mempermudah kita menggulung halaman pada layar monitor.

Istilah Drag; merupakan istilah yang di gunakan untuk menyeret pointer ke arah tertentu dan tetap menekan tombol klik kiri tanpa di lepas. Biasanya digunakan untuk memindahkan objek seperti file, memilih beberapa objek tertentu sekaligus dan melakukan blok terhadap teks.

D. Fungsi Mouse Pada Komputer

Adapun beberapa fungsi mouse pada komputer terutama yang menggunakan sistem operasi berbasis GUI, misalnya seperti:

  • Untuk memberikan instruksi atau perintah pada komputer dengan cara menggerakan mouse sehingga pointer bergerak, dan melakukan klik dengan menekan tombol tertentu.
  • Untuk memasukan perintah, misalnya dengan melakukan doubel klik, mendrag file, menggesr scrollbar, dan lain-lain.
  • Mouse yang memiliki tombol scroll, maka dapat melakukan secrolling layar untuk melihat program maupun dokumen secara keseluruhan sehingga mempermudah melihat halaman di layar monitor.
  • Untuk menuntukan letak dari kursor pada layar monitor komputer.
  • Untuk memperbesar maupun memperkecil tampilan worksheet.
  • Untuk Mengontrol perbesaran visual sebuah objek pada layar monitor.

E. Manfaat Mouse Komputer

Dengan menggunakan mouse pada komputer maka kita dapat memperoleh manfaat: Mempermudah dan membantu kita melakukan pekerjaan saat menggunakan komputer, terutama untuk pekerjaan yang berkaitan dengan desain grafis pastinya memerlukan mouse.

>>Baca Juga: Pengertian Keyboard dan Jenis-Jenisnya

>>Baca Juga: Pengertian Monitor Komputer

F. Jenis-Jenis Mouse Komputer

Saat ini terdapat 2 (dua) jenis mouse, yaitu:

1. Mouse Optic

Mouse optic saat ini banyak sekali yang menggunakannnya karena mudah dalam perawatan dan praktis. Mouse optic merupakan mouse yang menggunakan transmisi halus yang terbuat dari kaca untuk melakukan transmisi sinyal cahaya, pada mouse optic dapat ditemukan cahaya pada bagian bawahnya  yang berguna sebagai penggerak pointer pada layar monitor komputer.

2. Mouse Track Ball

Ciri mouse track ball dapat di temukan bola kecil di bagian bawahnya untuk menggerakan pointer. Mouse jenis ini dapat dikatakan mulai ditinggalkan, karena saat ini banyak sekali pengguna komputer yang beralih ke mouse optic. Karena pada mouse track ball jika bola pada bagian bawah kotor maka akan mengalami ganggunan.

Sedangkan jenis mouse komputer berdasarkan jenis konektornya, diantaranya:

1. Mouse Serial

Dapat di katakan mouse komputer yang menggunakan konektor serial saat ini sangat jarang digunakan. Cirinya konektornya berbentuk kotak agak besar, dan memiliki pin di ujungnya. Mouse serial umumnya digunakan pada komputer pentium 1 sampai pentium 3.

2. Mouse ps2

Mouse ps2 saat ini masih ada yang menggunakannya, meski dapat di katakan tidak terlalu banyak. Bentuk konektor ps2 bentuknya lonjong bulat dan di ujungnya terdapat pin. Port mouse ps2 pada komputer biasanya berdampingan dengan port ps2 untuk keyboard, untuk mouse warna hijau dan untuk keyboard warna ungu.

3. Mouse USB

Saat ini mouse dengan konektor USB banyak digunakan. Selain cocok dengan berbagai jenis komputer jaman sekarang, mouse USB juga cukup awet digunakan dan banyak sekali yang menjualnya.

4. Mouse Wireless

Mouse wireless merupakan mouse yang tidak menggunakan kabel, sehingga bisa digunakan dari jarak agak jauh dari komputer. Mouse ini di buat dengan menggunakan frekwensi sehingga tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan ke komputer, seperti halnya cara kerja dari sistem gelombang radio. Sehingga mouse ini sangat praktis dan fleksibel digunakan. Oleh karena itu mouse wireless harganya lebih mahal daripada mouse yang berkebel.

Akhir kata…, Demikianlah tulisan yang membahas tentang pengertian mouse komputer, semoga dapat bermanfaat dan jika ada kesalahan mohon maaf, terimakasih.

Bagikan Ke: