Hewan Omnivora adalah: Ciri dan Contohnya

Seputar pengertian Hewan Omnivora adalah istilah hewan yang digolongkan kedalam jenis makanannya, beserta beberapa contoh hewan omnivora yang beberapa diantaranya bisa di temukan di lingkungan kita.

Di bumi ini banyak sekali jenis hewan yang hidup di berbagai tempat, mulai di daerah daratan, perairan hingga rawa-rawa. Setiap hewan di golongka mnjadi beberpa jenis termasuk jenis makanannya mulai pemakan daging yaitu karnivora, pemakan tumbuhan yaitu herbivora, pemakan serangga yaitu insektivora, dan hewan pemakan segala yaitu omnivora.

Apa Pengertian Hewan Omnivora?

Hewan omnivora adalah jenis hewan yang memakan segala makanan, kata omnovora sendiri dari bahasa latin “Omnis” yang memiliki arti “Segala” dan Kata “Vorare” yang artinya “Makan”. Jadi hewan omnivora bisa memakan daging, timbuhan, biji-bijian, buah-buahan dan sebaginya untuk asupan makanannya.

Hewan ominivora dalam rantai makanan bisa menjadi pemangsa tingkat pertama ataupun bisa menjadi makanan pemangsa tingkat ke tiga. Jika kita amati bahwa di bumi hewan omnivora banyak sekali jenisnya muali yang hisup d darat, di air hingga di darat maupun air.

Karena bisa memakan segala makanan, makan hewan ini dapat bertahan hidup di berbagai kondisi lingkungan dari pada jenis hewan herbivora dan karnivora. Meskipun asupan makanannya segala tapi biasanya ada yang menjadi makanan utamanya misal seperti biji-bijian.

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

Adapun berikut ini, ciri-ciri dari hewan omnivora yang harus kamu ketahui antara lain:

1. Mangkonsumsi berbagai jenis makanan

Hewan omnivora memakan berbagai jenis makanan mulai dari daging, tumbuhan, biji-bijian, dan buah-buahan, maka hal ini menjadi ciri utamanya yang membedakan dengan jenis hewan lain.

2. Mempunyai sistem pencernaan yang rumit

Sistem pencernaan omnivora tentunya berbeda dengan hewan karnivora maupun herbivora, karena sistem pencernaan omnivora karena diharuskan mencerna segala makanan mulai dari daging hingga tumbuhan.

3. Struktur mulut dan gigi khusus

Biasa hewan pemakan segala memiliki bentuk mulut seperti paruh yang bisa mengoyak berbagai makanan, atau ada juga yang memiliki bentuk gigi yang tajam pada bagian depan dan gigi yang datar pada bagian belakang tujuannya untuk mempermudah mengunyah makanan.

4. Ada di berbagai spesies hewan

Hewan pemakan segala ada di berbagai spesies hewan, ada yang berasal dari spesies mamalia ada juga yang tidak. Begitupun perkembang biakannya juga ada yang bertelur ada yang melahirkan.

5. Daya tahan yang kuat

Karena dapat memakan segala makanan maka omnivora juga perpotensi dapat bertahan di berbagai keadaan lingkungan atau di berbagai keadaan habitat.

BACA: Pengertian Rantai Makanan dan Contohnya

Contoh Hewan Omnivora

1. Ayam

contoh hewan omnivora adalah ayam
pixabay.com

Ayam merupakan unggas pemakan segala berkembang biak dengan cara bertelur, bisa kita temukan di sekitar kita, dan termasuk hean yang banyak di budidayakan karena bernilai ekonoms. Ayam termasuk unggas yang makanan utamanya berupa biji-bijian seperti padi dan jagung tapi ayam juga kadnag suka memakan daun tumbuhan, hingga hewan kecil seperti serangga, dan cacing tanah.

2. Bebek

bebek
pixabay.com

Sama seperti ayam, bebek termasuk kedalam jenis hewan unggas. Bebek bisa berenang di daerah perairan karena kakinya berselaput dan baruhnya berbentuk lebar. Bebek bisa memakan biji-bijian dan hewan kecil seperti, serangga kecil hingga ikan-ikan kecil di perairan. Bebek juga termasuk hewan yang bernilai ekonomis, oleh sebab itu banyak orang yang membudidayakan.

3. Ikan Lele

id.theasianparent.com

Ikan lele termasuk salah satu contoh hewan omnivora yang bernilai ekonomis dan sering di budidayakan di Indonesia. Di perairan lele bisa memakan segala termasuk daun tanaman air, udang kecil, hingga hewan kecil seperti srangga air.

Ikan lele memiliki berbagai jenis mulai lele untuk bahan konsumsi hingga jenis ikan lele hias. Ikan ini memiliki daya tahan yang kuat mampu hidup di berbagai macam keadaan air, sehingga lele termasuk jenis ikan yang mudah di budidayakan.

4. Tupai

contoh hewan omnivora adalah tupai
pixabay.com

Tupai termasuk mamalia yang lincah, tinggal di pepohonan, dan bisa memakan segala jenis makanan. Tupai bisa memakan biji-bijian, buah-buahan, serangga kecil, telur burung, hingga kulit kayu. Tupai sulit di tangkap karena gerakannya yang lincah dan pemanjat pohon yang handal.

5. Kura-Kura

kura-kura
pixabay.com

Kura-kura bisa hidup di dua alam yaitu di daratan dan di perairan. Kura-kura merupakan hewan pemakan segala bisa memakan tanaman air, hingga hewan kecil seperti ikan kecil atau udang kecil. Jika di darat kura-kura berjalan sangat lambat, tapi di air menjadi perenang yang handal. Kura-kura memiliki cangkang atau batok yang keras sebagai rumah atau tempat berlindungnya.

6. Burung Jalak

burung jalak
pixabay.com

Burung jalak merupakan unggas yang termasuk kedalam kelompok hewan omnivora. Burung ini bisa memakan segala, mulai dari biji-bijian, hingga serangga kecil. Burung jalak memiliki ukuran sedang, dengan paruh yang kokoh, kaki jenjang, dan bisa berkicau.

7. Beruang Hitam

beruang hitam
pixabay.com

Beruang hitam termasuk kedalam hewan omnivora, bertubuh besar, memiliki cakar yang tajam, hewan ini buas dan berbahaya, tergolong agresif terhadap manusia. Habitat beruang hitam yaitu di hutan dan bisa memakan apa saja termasuk tumbuhan, dan hewan lainnya seperti ikan.

Jadi hewan omnivora adalah jenis hewan yang mampu memakan segala makanan, mulai dari tumbuhan, biji-bijian, hingga daging. Semoga pembahasan ini bermanfaat dalam menambah wawasan, jika ada kesalahan mohon maaf, dan terimakasih.

Bagikan Ke: