Pengertian Psikologi Pendidikan, Ruang Lingkup, dan Tujuannya Secara Umum

Berikut penjelasan umum mengenai pengertian psikologi pendidikan dilengkapi dengan ruang lingkupnya, hingga tujuan atau manfaatnya – Apa kalian pernah mendengar istilah atau kata Psikologi? Kata ini selalu dihubung-hubungkan dengan kejiwaan seseorang. Saat ini ilmu psikologi sudah banyak di pelajari terutama perguruan tinggi. Lalu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan atau membahas secar singkat mengenai apa yang dimaksud dengan Psikologi Pendidikan, yang dimana penjelasannya dapat kamu pelajari di pembahasan kali ini.

A. Jelaskan Pengertian Psikologi Pendidikan!

Istilah psikologi asalnya dari bahasa Yunani Psychology, gabungan dari dua kata yaitu Psyche diartikan Jiwa dan Logos diartikan Ilmu. Jika di definisikan secara umum menjadi Ilmu Kejiwaan. Ilmu ini sering berkaitan dengan kehidupan manusia khusnya kejiwaan, seperti cara manusia berprilaku, melakukan suatu hal, cara berfikir, cara berperasaan hingga hubungan dengan sesamanya.

Banyak juga yang mengartikan psikologi sebagai ilmu yang membahas tingkah laku manusia baik itu individu maupun kelompok dan berkaitan dengan lingkungannya. Sedangkan pendidikan bisa diartikan sebagai pembelajaran tentang pengetahuan untuk meningkatkan kecerdasan dan meningkatkan keterampilan potensi diri.

Dari panjelasan di atas, jadi yang dimaksud dengan psikologi pendidikan adalah pembelajaran, pelatihan, hingga bimbingan yang dilakukan secara sistematis terhadap berbagai macam faktor mengenai ilmu kejiwaan. Baca Juga: Pengertian Karakter dan Pendidikan Karakter

pengertian psikologi pendidikan
Gambar: Pixabay.com

B. Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

Secara umum runglingkup dari psikologi pendidikan adalah mempelajari seluruh tingkahlaku manusia yang berhubungan dengan aktivitas pendidikan, yang terlibat misalnya seperti guru dan peserta didiknya. Jadi sebagian besar ruanglingkupnya mencangkup tingkah laku guru dan murud yang berkaitan dengan aktivitas belajar- mengejar. Jika secara lebih mendalam ruang lingkup psikologi pendidikan membahasa tentang perkembangan, lingkungan, mental, evaluasi belajar-mengajar, perkembangan pendidikan, karakteristik murid, hasil proses pendidikan, dan sebagainya.

Adapun beberapa ruang lingkup psikologi pendidikan yang lebih lengkap, seperti:

  • Pengeahuan ruang lingkup, tujuan mempelajarinya, dan sejarah psikologi pendidikan.
  • Lingkungan fisik & psikologis.
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses belajar.
  • Perkembangan dari murid.
  • Proses tingkah laku individu.
  • Hakekat & ruang lingkup belajar.
  • Hukum & teori-teori belajar.
  • Pengukuran pendidikan.
  • Aspek praktis pengukuran pendidikan.
  • Transfer belajar.
  • Ilmu statistik dasar.
  • Kesehatan mental setiap individu.
  • Pendidikan dalam membentuk kepribadian individu.
  • Kurikulum pendidikan sekolah, dll.

C. Tujuan dan manfaat Psikologi Pendidikan

1. Memahami perbedaan peserta didiknya

Setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda khususnya peserta didik, sehingga seorang pengajar harus dapat memahami keberagaman antara murid satu dengan murid lainnya. Misal perbedaan karakter, perbedaan potensi, perbedaan pertumbuhan dan sebagainya.

2. Lebih Bijaksana

Supaya para pengajar dapat lebih bijaksana dalam membimbing muridnya, dengan begitu proses belajar-mengajar dapat terlaksana dengan baik dan mendapatkan hasil yang di inginkan.

3. Meningkatkan Ilmu Pengatahuan

Manfaat psikologi pendidikan lainnya supaya meningkatkan ilmu dalam mendidik murid sekaligus meningkatkan bidang keahlian guru. Sehingga meningkatkan proses pembelajaran dan murid semakin baik dalam belajarnya.

4. Pendidikan Lebih Efektif dn Efesien

Guru dapat menciptakan proses pembelajaran lebih efektif dan efesien karena dapat memepelajari maupun menganalisis tingkah laku muridnya, sehingga proses pembelajaran-pun menjadi lebih kondusif.

5. Mengevaluasi Pembelajaran

Seorang guru dapat melakukan evaluasi secara baik dan benar terhadap kemampuan yang dimiliki oleh setiap murid, tentunya evaluasi ini harus dilakukan dengan adil.

Baca Juga:  Pengertian Manajemen Pendidikan dan Fungsinya 

psikologi pendidikan adalah
Gambar: Pixabay.com

D. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas maka dapat di ambil kesimpulan bahwa yang pengertian psikologi pendidikan yaitu suatu ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi di dalam pendidikan.

Pada dasarnya ruang lingkup dari psikologi pendidikan yaitu mempelajari semua tingkah laku manusia yang terlibad dalam suatu proses pendidikan. Manusia yang yang terlbat dalam proses pendidikan tersebut yaitu pengejar/guru, dan murid. Maka dalam psikologi pendidikan yang dibahas yaitu tingkah laku murid yang berkaitan dengan proses belajar maupun tingkah laku proses pembelajaran.

Tujuan dan manfaat dari psikologi pendidikan, seperti:

  • Pengajar mampu memahami masalah anak didik dan sebab-sebab timbulnya masalah tersebut.
  • Memahami perbedaan para murid, maksudnya setiap individu dilahirkan dengan potensi yang berbeda-beda.
  • Membantu para pengajar supaya menjadi lebih bijaksana dalam membimbing muridnya.
  • Supaya para pengajar dapat menciptakan suatu sistem dalam pendidikan yang lebih efektif dan efesien.
  • Untuk mengevaluasi hasil pembelajaran.

Itulah tulisan singkat yang membahas tentang pengertian psikologi pendidikan, yang dilengkapi juga dengan runglingkup, tujuan atau manfaatnya. Semoga Tulisan ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu, jika ada kesalahan mohon di maafkan cukup sekian dan terimakasih

Bagikan Ke: