Pengertian Kargo adalah: Jenis dan Perbedan dengan Ekspedisi

Menganal pengertian kargo adalah salah satu cara untuk mengirim barang, disini kita juga akan mengetahui jenis dan perbedaanya dnegan ekspedisi baiasa

Karena saat ini kebutuhan masyarakat menggunakan jasa pengiriman semakin meningkat pesat dan ditambah semakin maraknya belanja dan bisnis online, maka Jasa pengiriman barang jenis kargo sangat penting terutama umengirimkan barang dalam jumlah cukup banyak.

Jeaskan Pengertian Kargo atau Cargo!

Semakin tingginya minat masyarakat berbelanja online, maka saat ini banyak munculnya perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi. Mereka menawarkan berbagai jenis layanan mulai dari yang termurah hingga yang tercepat dalam mengirimkan barang, mulai dari yang jumlah kecil hingga jumlah besar, dan mencangkup antar daerah hingga ke luar negri.

Pengertian Kargo adalah jasa pengiriman barang baik itu dalam jumlah kecil maupun dalam jumlah besar secara komersial yang diangkut oleh kapal laut, pesawat terbang, kereta api, hingga truk besar. Tapi jenis pengiriman kargo sering digunakan untuk mengirimkan barang dengan berat tertentu dan memiliki jumlah banyak.

Sedangkan saat ini istilah Kargo sering mengacu pada peti kemas, dimana pengirman barang lintas pulau hingga ke luar negeri. Istilah Kargo jika dalam Bahasa spanyol yaitu “Cargo” yang bisa diartikan juga menjadi “Barang bawaan” atau “Bagasi”.

pengertian kargo adalah
pixabay.com

Jenis-Jenis Kargo

Jenis-Jenis Kargo berdasarkan pengiriman barangnya antara lain:

1. General Cargo

General cargo adalah Biasanya termasuk barang atau produk bertahan lama, sehingga dalam pengirimannya tidak diperlukan penanganan khusus. Contohnya seperti produk fashion sepatu, pakaian, ban, material besi, tekstil, dan lain-lain.

2. Special Cargo

Special Kargo adalah Merupakan barang dan produk yang memerlukan penanganan khusus, biasanya barang berjenis ini diangkut melalui angkutan udara selain itu harus memenuhi persyaratan pihak ekspedisi dan ditangani secara khusus sesuai regulasi yang berlaku. Contoh special kargo seperti hewan hidup,  produk yang mudah rusak atau hancur, barang bernilai tinggi seperti perhiasan, barang dengan bau menyengat, hingga produk diplomatik.

3. Dangerous Cargo

Dangerous Cargo adalah pengiriman barang atau produk berbahaya, dimana produk yang dikirimkan bisa mengancam kelestarian lingkungan hingga membahayakan makhluk hidup. Contohnya barang berbahaya yang mudah meledak seperti bubuk mesiu, kembang api, atau barang kimia yang berbahaya, hingga barang yang mengandung racun seperti pestisida, merkuri, dan lain-lain.

Perbedaan Ekspedisi dan Kargo

Sebenarnya jasa eksedisi biasa dengan kargo sama saja, karena sama-sama menyediakan jasa pengiriman barang atau paket kepada penerima. Hanya saja masyarakat sering mengartikan jika ekspedisi biasa hanya mengirimkan paket domestik dalam jumlah kecil, sedangkan kargo mengirimkan barang dalam jumlah besar dengan cakupan manca negara.

Jadi dapat disimpulkan bahwa perbedaannya yaitu: Jasa ekspedisi mengirimkan barang atau produk dengan jumlah sedikit jangkauannya antar daerah hingga antar pulau pada suatu negara, barang yang contoh barangnya seperti sepatu, pakian dan sebagainya yang tidak berbahaya serta tidak memerlukan penanganan khusus.

BACA: Jasa Ekspedisi adalah Istilah Untuk Pengiriman Barang

Sedangkan Jasa Kargo mengirimkan barang atau produk dengan jumlah yang relatif besar dan bisa mengirimkan berbagai jenis barang dari yang biasa hingga memerlukan penanganan khusus (barang berahaya).

BACA: Pengertian Perdagangan Internasional

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa jasa pengiriman kargo adalah suatu jasa yang menyediakan layanan pengiriman berbagai jensi barang secara komersial baik itu dalam jumlah kecil atau besar.

Kargo dibagi menjadi 3 macam yaitu General Cargo mengirimkan barang biasa yang tahan lama, Special Cargo mengirimkan barang mudah rusak, dan Dangerous Cargo yang mengirimkan barang berbahaya.

Akhir kata, itulah pengertian kargo semoga penjelasan ini dapat bermanfaat terutama dalam menambah wawasan kamu. Jika kamu menemukan beberapa kesalahan dalam pembahasan ini mohon di maafkan, cukup sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: