Jasa Ekspedisi adalah: Pengertian, Jenis, dan Kegunaannya

Mengataui pengertian Jasa Ekspedisi adalah suatu istilah untuk kurir barang yang bertugas mengrim produk dari penjual ke pembelinya. Saat ini Istilah tersebut sering di temukan saar berbelanja online lalu produk yang dibeli dikirimkan melalui jasa pengriman. Jasa itulah yang disebut ekspedisi.

Jelaskan Definisi Ekspedisi!

Pengertian ekspedisi adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang dalam jumlah kecil, pendistribusian barangnya bisa lewat darat, laut, dan udara, jangkauannya bisa antar daerah, antar pulau, nasional, hingga internasional.

Perusahaan ekspedisi atau disebut juga dengan perusahaan logistik termasuk kedalam perusahaan Jasa karena bergeak di bidang pengiriman barang dalam jumlah kecil misalnya seperti baju, sepatu, alat rumah tangga, mainan, elektronik, dan lain-lain.

Sebenarnya jasa ekspedisi tidak akan membatasi jumlah berat barang, jadi jika barang yang dikirimkan semakin berat maka harga jasa pengirimannya semakin mahal begitupun dengan jaraknya. Biasanya berat barang dihutung per Kg, sedangkan jaraknya jika beda daerah atau provisi akan beda harga.

jasa ekspedidi adalah
pixabay.com

Perusahaan ekspedisi memiliki banyak cabang di berbagai daerah hingga diberbagai kota, hal ini bertujuan untuk menyimpan dan menyalurkan barang yang dikirim ke alamat penerima. Biasanya terdapat jangka waktu pengiriman ekspedisi muali dari yang biasa 1-7 hari hingga yang tercepat bisa 24 jam langsung sampai.

Karyawan yang bekerja di perusahaan ekspedisi yang tugasnya mengantarkan barang disebut sebagai Kurir Ekspedisi. Kurir bermacam-macam ada yang menggunakan kendaraan mobil ada juga yang menggunakan sepeda motor. Biasanya jika barang yang dikirim ukurannya cukup besar atau cukup berat akan dikirim oleh kendaraan mobil. Contoh perusahaan ekspedisi di Indonesia misalnya seperti POS, JNE, dan lain-lain.

Istilah ekspedisi juga sering digunakan pada perushaan distributor, biasanya di dalamnya terdapat bagian atau divisi ekspedisi untuk menyampaikan barang yang dipesan konsumen melalui sales, email, pesan singkat ataupun telepon.

BACA: Pengertian Distribusi dan Contohnya

Kenapa Jasa Ekspedisi Semakin di Butuhkan?

Ekspedisi semakin dibutuhkan di era modern yang serba cepat ini karena dapat memberikan kemudahan orang dalam hal kirim-mengirim barang. Seperti untuk menunjang bisnis dalam berjualan misalnya berjualan melalui online shop atau marketplace.

Tentu orang yang memiliki bisnis berjualan produk secara online sangat membutuhkan jasa ekspedisi untuk menyampaikan produknya ke tangan konsumen, hal ini karena bisnis berjulan secara online mencangkup area yang sangat luas karena siapa saja bisa mengakses dan bertaransaksi selama terkoneksi dengan jaringan internet.

Oleh sebab itu saat ini semakin banyak bermunculan perusahaan yang bergerak di bidang jasa ekspedisi terutama barang, karena cukup menjanjikan untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya, perusahaan ekspedisi tersebut saat ini sering digunakan untuk mengirimkan barang ketika berbelanja online.

Dengan menjamurnya perusahaan ekspedisi tentunya lapangan pekerjaan semakin terbuka lebar terutama untuk menjadi Kurir. Menjadi kurir tentunya tidaklah mudah, pekerjaan ini membutuhkan kegesitan dan ketepatan, terutama dalam memahami daerahnya masing-masing serta mencari alamat konsumen.

BACA: Pengertian Marketplace

Jenis-Jenis Pengiriman Yang Sering Digunakan

1. Reguler

Mengrim paket barang dengan jenis reguler ke seluruh Indonesia umumunya memiliki jangka waktu 1-7 Hari, tapi jika itu masih satu daerah umumnya 1-3 hari saja dan biayanya-pun cukup terjangkau rata-rata antara 10 ribu hingga 20 ribu.

2. Satu Hari sampai

Mengirimkan paket atau barang dengan jangka waktu sekitar 1×24 jam bisa langsung samapai, tapi pilihan ini hanya berlaku untuk kota atau daerah yang telah ditentukan oleh pihak ekspedisi jadi tidak semua bisa menggunakan layanan jenis ini.

3. COD (Cash On Delivery)

Sebenarnya hal ini termasuk kedalam jenis pembayaran. Saat kurir sampai di tujuan, kamu langsung membayar paket barang yang sudah di pesan. Jadi saat melakukan pemesanan kamu tidak perlu membayar barangnya terlebih dahul, bayar saja nanti ketika barang sudah sampai di tujuan.

Cara Mengetahui Paket Barang Sudah Sampai atau Belum

Biasanya saat kamu sudah melakukan pengiriman akan diberikan nomer pelacakan atau yang lebih dikenal dengan nomer resi pengiriman, sehingga kamu bisa melacak keberadaan barang yang dikirimkan sudah sampai mana, dengan cara memasukan no resi di website jasa ekspedisi yang digunakan. Perusahaan ekspedisi juga biasnya menyedikan pilihan apakah barang yang dikirimkan akan di asuransikan atau tidak.

Akhir kata, jadi yang dimaksud jasa ekspedisi adalah jasa pengiriman barang dalam jumlah kecil/sedikit, biasanya mencangkup antar daerah, nasional, hingga internasional. Perhitungan tarifnya tergantung dari berat barang dan jarak yang ditempuhnya hingga samapi ke tujuan. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, jika ditemukan kesalahan selama pembahasan ini mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: