Perbedaan Teknik Komputer dan Ilmu Komputer

Artikel ini akan menjelaskan perbedaan teknik komputer dan ilmu komputer. Banyak calon mahasiswa yang sering bingung membedakan bidang ilmu komputer dengan teknik komputer karena terdengar mirip.

Kedua istilah tersebut sering digunakan secara bergantian, mengingat keduanya merupakan jurusan yang kaya akan teori dan penerapan praktis, yang sangat penting untuk membangun basis pengetahuan yang kuat untuk berbagai karir dan peluang kerja di bidang TI.

Namun pertanyaannya adalah gelar mana yang tepat untuk Anda dan masa depan Anda? Kita menguraikan perbedaan utama antara kedua bidang tersebut.

Teknik Komputer

Teknik Komputer adalah cabang teknik elektro intensif teknologi yang menggabungkan bidang ilmu komputer dan teknik elektro untuk menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak komputer baru.

Teknik Komputer pada dasarnya adalah 50% kurikulum ilmu komputer dan 50% kurikulum teknik elektro. Ini adalah disiplin teknik yang berkaitan dengan studi ilmu pengetahuan dan teknologi desain, implementasi, dan pemeliharaan komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari sistem komputasi modern. Ini melibatkan desain, pembangunan dan pengujian komponen dan sistem perangkat keras.

Teknik komputer berfokus pada bidang-bidang utama seperti sistem tertanam, arsitektur komputer, dan pemrosesan sinyal digital. Insinyur komputer merancang perangkat elektronik konsumen seperti ponsel pintar, jam tangan pintar, pembaca e-book, atau bahkan CPU.

Banyak perangkat medis dan pemindai mengandalkan perangkat elektronik yang dirancang oleh insinyur komputer. Dari sisi ilmu komputer, Anda mungkin akan mempelajari beberapa bahasa pemrograman, yang memungkinkan Anda menulis kode untuk memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan.

Insinyur komputer adalah insinyur listrik yang berspesialisasi dalam desain perangkat lunak dan perangkat keras atau desain sistem yang mengintegrasikan yang terbaik dari kedua dunia.

Baca juga: Apa Itu Edge Computing? Komponen Utama & Cara Kerjanya

Ilmu Komputer

Ilmu komputer adalah studi tentang komputer dan sistem komputasi, proses algoritmik dan prinsip-prinsipnya, desain perangkat keras dan perangkat lunaknya, dan segala sesuatu di antaranya. Ilmu komputer adalah tentang pemecahan masalah dan cara menyelesaikan masalah dengan lebih baik dan lebih cepat.

Katakanlah Anda memiliki laptop. Hal-hal yang biasa Anda ketahui adalah hard drive, layar, prosesor, desain, dan orang yang menangani semuanya adalah insinyur komputer. Kemudian muncul sisi perangkat lunak – Microsoft Office, Photoshop, Google Chrome, dan sistem operasi – ini adalah ilmu komputer.

Ilmu komputer pada dasarnya berkaitan dengan aspek virtual komputer dan berfokus pada perangkat lunak daripada perangkat keras. Ia menggunakan disiplin teoritis dan disiplin praktis untuk memecahkan masalah dunia nyata.

Ilmuwan komputer menggunakan bahasa pemrograman sebagai alat utama mereka untuk mengkomunikasikan ide-ide mereka dan memecahkan masalah. Ilmu komputer sangat menekankan pada teori komputasi, algoritma komputasi, keamanan cyber, dan jaringan komputer.

Bahasa komputer ini dapat berupa apa saja, mulai dari bahasa tingkat rendah seperti bahasa assembly hingga memprogram komponen perangkat keras, hingga bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti C++, JavaScript, Python, dan banyak bahasa lainnya.

Perbedaan Teknik Komputer dan Ilmu Komputer

Disiplin
Teknik Komputer adalah disiplin ilmu teknik yang berkaitan dengan studi ilmu pengetahuan dan teknologi desain, implementasi, dan pemeliharaan komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari sistem komputasi modern.

Ilmu Komputer, di sisi lain, adalah disiplin akademis yang berhubungan dengan studi tentang komputer dan sistem komputasi, proses algoritmik dan prinsip-prinsipnya, desain perangkat keras dan perangkat lunaknya, dan segala sesuatu di antaranya.

Fokus
Keduanya adalah jurusan yang sangat mirip tetapi memiliki beberapa perbedaan besar dalam bidang fokusnya. Teknik komputer berfokus pada bidang-bidang utama seperti sistem tertanam, arsitektur komputer, dan pemrosesan sinyal digital. Ilmu ini pada dasarnya berkaitan dengan perangkat keras seperti chip komputer, mikroprosesor, sensor, dll.

Ilmu Komputer, sebaliknya, berkaitan dengan aspek virtual komputer dan berfokus pada perangkat lunak daripada perangkat keras. Selain itu, kedua jurusan tersebut akan mengambil kelas pengenalan pemrograman pertama, di mana Anda mempelajari dasar-dasar pemrograman.

Kurikulum
Teknik Komputer pada dasarnya adalah 50% kurikulum ilmu komputer dan 50% kurikulum teknik elektro. Ini melibatkan pemahaman hukum fisika dan elektronik untuk merancang dan membangun komponen komputer yang lebih baik. Kurikulumnya mencakup kursus elektronik dasar, bersama dengan kursus elektronik digital, pemrosesan sinyal, sistem tertanam, dll.

Ilmu Komputer sangat menekankan pada teori komputasi, algoritma komputasi, keamanan cyber, dan jaringan komputer. Kurikulumnya mencakup desain dan analisis algoritma, teori komputasi, matematika diskrit, arsitektur komputer, dan banyak lagi.

Meskipun kedua mata kuliah tersebut membahas komputer secara keseluruhan, teknik komputer dan ilmu komputer membahas dua aspek komputer yang sangat berbeda. Sederhananya, ilmu komputer menangani sisi perangkat lunak komputer, sedangkan teknik komputer menangani desain dan pembuatan perangkat keras komputer.

Dalam ilmu komputer, penting untuk mempelajari struktur dasar bagaimana perangkat lunak menjalankan tugasnya. Tugas mereka adalah memahami rumus Matematika di dunia nyata dan mengubahnya menjadi serangkaian langkah yang dapat diikuti oleh komputer.

Bidang-bidang yang dianggap sebagai bagian utama ilmu komputer pada awalnya ditetapkan menjadi:

  • Bahasa dan Metodologi Pemrograman
  • Struktur data
  • Algoritma
  • Arsitektur dan Elemen Komputer
  • Dan teori dalam komputasi

Teknik Komputer, di sisi lain, berakar kuat dari bidang elektronik dan berkaitan dengan bagaimana komputer dan perangkatnya berinteraksi terlepas dari perangkat lunak yang diinstal. Terserah mereka untuk merancang dan membuat perangkat yang benar-benar dapat berkomunikasi dengan perangkat keras yang sudah ada.

Berikut adalah beberapa contoh topik yang berhubungan dengan teknik komputer:

  • Logika Digital
  • Elektronik
  • Pemrograman Mikroprosesor
  • Algoritma
  • Pemrosesan sinyal digital
  • Sistem Tertanam
  • Desain dan Pembuatan VLSI

Masing-masing dari kedua aspek ini bekerja dalam desain dan produksi perangkat keras dan perangkat lunak komputer dan tidak boleh disalahartikan sebagai kursus lain yang biasanya menangani servis dan pemeliharaan komputer seperti Teknologi Informasi, atau Perbaikan Komputer.

Ilmu dan Teknik Komputer dapat dianggap sebagai dua sisi mata uang yang sama. Masing-masing berhubungan dengan aspek tertentu untuk menciptakan keseluruhan yang lebih baik dari pendahulunya.

Bagikan Ke: