Pengertian Advertisement atau Iklan, Jenis-jenis, Aspek, dan Contohnya

Pengertian Advertisement atau Iklan, Jenis-jenis, Aspek, dan Contohnya
Pengertian Advertisement atau Iklan, Jenis-jenis, Aspek, dan Contohnya

Pengertianku.net – Kita mungkin sudah tidak asing lagi atau mungkin tidak menyadari mengenai keberadaan dari advertisement. Sebagian bisa jadi belum mengetahui lebih jauh mengenai advertisement dan dampaknya.

Apa sih pengertian advertisement dan mengapa kita perlu mengetahuinya? artikel ini akan membahas secara singkat mengenai advertisement.

Pengertian Advertisement

Advertisement atau biasa disebut iklan adalah teks, gambar, audio, atau video yang dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan suatu produk. Pembuatan advertisement adalah untuk mencoba membuat orang-orang untuk membeli produk tersebut maupun sekadar memberitahukan mengenai hal yang diiklankan.

Produk yang diiklankan bisa dalam bentuk barang ataupun jasa.

Tujuan dan Fungsi Advertisement

Pastinya ada suatu dari dibuatnya sebuah advertisement atau iklan. Tujuan dari advertisement yang dibuat dengan semenarik mungkin adalah guna mempromosikan suatu produk atau jasa.

Jenis-jenis Advertisement atau Iklan

Ada beragam macam bentuk dari advertisement. Penasaran dengan apa saja bentuk dari advertisement atau iklan ini? simak selengkapnya mengenai jenis-jenis iklan berikut ini.

1. Teks dan Gambar

Terdapat beberapa macam iklan dengan jenis ini yang kerap kita temui di sekitar, seperti koran, brosur, dan baliho. Selain itu, di media sosial juga sudah banyak bertebaran jenis advertisement berupa teks dan gambar.

2. Audio atau Suara

Penggunaan audio atau suara sebagai advertisement biasanya diterapkan pada radio dan podcast.

Jika kalian suka mendengar radio maupun podcast pasti sudah tidak asing dengan potongan iklan yang muncul saat sedang asyik mendengarkan audio yang sedang disiarkan.

3. Video

Terakhir, kita yang suka menonton TV atau video di platform streaming pasti tidak asing lagi dengan jenis advertisement satu ini.

Video merupakan salah satu jenis advertisement yang sudah lumrah ditemui oleh pengguna internet atau pemirsa TV.

Contoh-contoh Advertisement

Salah satu contoh advertisement adalah selebaran brosur tas sekolah anak yang menyajikan gambar dan teks sebagai media untuk menyampaikan apa saja informasi tentang produk dan dibuat semenarik mungkin agar calon pembeli yang melihat dan membaca advertisement tersebut tertarik untuk membelinya.

Informasi yang disampaikan dari contoh advertisement di atas seperti nama produk, deskripsi produk, harga, fitur, dan keunggulan produk, kontak yang bisa dihubungi, dan sebagainya.

Aspek-aspek Advertisement

Dari contoh iklan tersebut bisa kita ketahui aspek-aspek apa saja yang terdapat pada advertisement. Berikut ini adalah empat aspek yang biasa tersedia di dalam suatu iklan.

1. Nama Produk

Nama produk adalah salah satu aspek penting dalam sebuah advertisement. Biasanya, ukuran teks dari nama produk adalah yan paling besar. Tujuannya adalah agar pembaca dapat membacanya dengan jelas dan seketika mengenal produk yang sedang diiklankan.

2. Deskripsi Produk

Selain nama, ada juga deskripsi produk yang merupakan aspek yang tak kalah penting dalam suatu iklan. Deskripsi produk mengandung informasi yang lebih detail atau lengkap seputar produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Dengan adanya deskripsi produk pada iklan, pembaca jadi lebih tahu lebih lengkap mengenai produk tersebut dan membuat pembaca mengetahui alasan mengapa mereka perlu membelinya.

3. Informasi Kontak

Aspek satu ini mengandung informasi mengenai orang yang dapat dihubungi agar pembaca dapat memperoleh informasi lebih rinci mengenai produk tersebut dan melakukan pemesanan.

4. Bahasa yang Menarik Perhatian Pembaca

Tak lengkap rasanya jika sebuah iklan tidak disertai dengan penggunaan bahasa yang menarik perhatian. Iklan yang menggunakan bahasa yang flat atau datar kemungkinan besar akan membuat pembaca kurang tertarik untuk menyimak lebih jauh mengenai produk yang diiklankan.

Dengan pilihan kata yang digunakan tersebut akan menunjukkan informasi yang hendak disampaikan kepada calon pembeli. Adapun penggunaan atau pemilihan kata pada advertisement biasanya tepat sasaran, menarik, tepat, login, dan sopan.

Penggunaan bahasa yang menarik berfungsi untuk menghadirkan sugesti kepada khalayak yang melihat dan membaca iklan.

Itu dia pembahasan terkait advertisement atau iklan yang akan memberikan pemahaman seputar topik tersebut. Semoga artikel advertisement ini dapat menambah wawasan pembaca dan membantu dalam membangun advertisement yang efektif dan tepat sasaran.

Bagikan Ke: