Pengertian Interpretasi: Fungsi, Tujuan, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Interpretasi: Fungsi, Tujuan, Jenis, dan Contohnya
Pengertian Interpretasi: Fungsi, Tujuan, Jenis, dan Contohnya

Pengertianku.net – Artikel kali ini akan mengulas apa saja tentang interpretasi, mulai dari pengertian, fungsi, tujuan, hingga contohnya.

Bagi kamu yang ingin menambah wawasan seputar pengertian interpretasi lengkap dengan fungsi, tujuan, dan contohnya, dapat menyimak artikel berikut dengan cermat sampai selesai, ya.

Sebagai pandangan, interpretasi merupakan kesimpulan dari pandangan seseorang mengenai suatu hal. Adapun fungsi dari interpretasi yakni guna membantu meminimalkan ketidaksesuaian terhadap suatu arti atau makna dan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam banyak aspek.

Pengertian Interpretasi

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), interpretasi merupakan tafsiran pemberian kesan, pendapat, dan pandangan teoritis mengenai suatu objek.

Biasanya, pengertian interpretasi dimanfaatkan sebagai penerjemah informasi tertentu dari wujud awal menjadi bentuk lainnya.

Penerapan interpretasi bisa dilakukan ke berbagai aspek, seperti bisnis, politik, administrasi, wisata, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Interpretasi

Berikut adalah jenis-jenis interpretasi yang dapat kamu simak:

1. Interpretasi Berurutan

Consecutive Interpreting atau interpretasi berurutan adalah interpretasi yang biasa dipakai dalam bisnis dan hukum. Sebagai interpreter tentunya harus memiliki daya ingat dan keterampilan dalam mencatat informasi secara kuat dan cepat karena perlu menafsirkan sesuatu kepada kliennya secara berurutan.

Sangat penting untuk akurat dalam memberikan penafsiran sehingga penting juga untuk meminta bantuan kepada interpreter yang berpengalaman dan bersertifikat untuk mengatasinya.

2. Interpretasi Simultan

Seorang interpreter tentunya akan menerima banyak tekanan dari interpretasi simultan dalam memahami seperti apa seharusnya sesuatu ditafsirkan.

Ketika suatu kejadian berjalan, interpreter harus dapat menerjemahkan dari satu bahasa ke bahasa berikutnya.

Pertemuan besar merupakan ajang dari munculnya interpretasi simultan, di mana ketika pertemuan berlangsung akan terlibat dalam beragam bahasa.

3. Interpretasi Bisikan

Jenis interpretasi ini sesuai namanya, di mana seorang interpreter akan membisikkan dengan bahasa klien. Interpretasi ini sangat cocok untuk dipakai oleh sekelompok orang dalam lingkup kecil yang membutuhkan penerjemah.

Misalnya, ketika terjadi pertemuan bisnis antar negara, interpreter sangat dibutuhkan di sini sebagai bantuan juru bahasa seseorang.

4. Interpretasi Perjalanan

Seseorang yang memerlukan penerjemah khusus ketika melakukan perjalanan wisata atau kunjungan ke luar negeri pastinya sangat cocok memanfaatkan interpretasi jenis ini.

Jenis interpretasi ini juga bisa membantu klien ketika berada di tempat-tempat umum, seperti restoran, hotel, toko ritel, dan lain-lain.

5. Interpretasi melalui Telepon

Interpretasi ini menggunakan layanan berupa fasilitas telepon untuk dapat memberikan interpretasi yang baik kepada penerima atau klien secara berurutan atau simultan, tergantung dengan proyek dan preferensi klien.

Tujuan Interpretasi

Secara umum, tujuan dari interpretasi adalah sebagai berikut:

Meningkatkan pemahaman dan kesadaran

Mengapresiasi suatu hal

Berkomunikasi mengenai suatu hal dalam bentuk pesan

Memberikan dampak perubahan pada tingkah laku seseorang

Meningkatkan pengertian dan dukungan publik mengenai tujuan dan kebijaksanaan

Meminimalkan ketidaksesuaian suatu makna tertentu.

Contoh Interpretasi

Inilah contoh interpretasi yang bisa kamu simak untuk dapat mengetahui bagaimana penerapan interpretasi dilakukan pada kehidupan nyata.

Relief-relief di Candi Borobudur menceritakan seputar kisah perjalanan hidup dari Buddha Gautama dan ajarannya. Pengamatan mengenai detail relief diharapkan mampu memberikan pemahaman seputar nilai-nilai moral dan filosofi Buddhisme.

Demikian penjelasan mengenai pengertian interpretasi beserta jenis-jenis, fungsi, tujuan, dan contohnya.

Dengan adanya artikel ini, harapannya dapat mempertajam pengetahuan pembaca tentang pengertian interpretasi dan seluk beluknya.

Cukup sekian seputar informasi pengertian interpretasi dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Bagikan Ke: