Inilah Pengertian Jajanan Pasar dan Contohnya

Pengertian jajanan pasar dan beberapa contohnya yang sering kita temukan. Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan, adat istiadat, bahasa daerah, dan kuliner atau makananya. Dari pulau sabang sampai dengan pulau merauke setiap daerah memiliki kuliner makanannya masing-masing, maka tak heran jika jajanan pasar di Indonesia sangatlah banyak dan beragam jenisnya. Bagi kamu yang ingin tau arti dari jajanan pasar dan contohnya, kamu dapat membacanya di bawah ini.

Pengertian Jajanan Pasar

Jajanan pasar adalah makanan tradisional Indonesia yang di perjual-belikan di pasar, khususnya di pasar-pasar tradisional. Atau definisi lain dari jajanan pasar adalah nama lain dari berbagai macam kue yang pada awalnya di perjual-belikan di pasar-pasar tradisional.

Sampai saat ini jajanan pasar masih diminati oleh masyarakat meskipun telah banyak makanan luar negeri yang sudah masuk di pasaran, tapi jajanan pasar masih banyak diminati karena jajanan pasar bukan cuma harganya yang terjangkau saja tapi rasanya juga enak dan jenisnya yang beragam serta mudah sekali untuk didapatkan, jadi sampai sekarang jajanan pasar masih tetap eksis.  BACA: Pengertian Pasar Tradisional dan Ciri-Cirinya

Beberapa Contoh Jajanan Pasar

Makanan jajanan pasar banyak sekali jenisnya, dari yang rasanya manis hingga asin dengan berbagai macam terkstur dan kemasan yang unik maupun beragam juga.

1. Kelepon

Pengertian Jajanan Pasar
kue plepon

Kue klepon adalah kue jajanan pasar yang berbahan dasar dari tepung ketan atau ubi jalar, bentuknya bulat, dan isinya gula merah, lalu diatasnya suka ditaburi kelapa yang di parut. Kue ini bertekstur kenyal dengan rasa manis dan gurih, bisa di dapatkan di pedagang kaki lima hingga di pasar tradisional dengan harga yang sangat terjangkau. Kue klepon masih eksis hingga kini karena banyak sekali orang yang menggemarinya.

2. Kue putu

kue putu pandan
Kue putu pandan (irfandi.net)

Kue putu memiliki banyak persamaan denga kelepon tapi kue ini sangat lembut karena berbahan dasar tepung beras saja, terdapat gula merah di dalamnya, dicetak denan batang bambu, dan dimasak menggunakan uap air. Kue putu sering disajikan dengan ditaburi parut kelapa di atasnya dan aromanya harum daun pandan.

3. Getuk

kue getuk
Kue Getuk (indozone.id)

Lalu ada juga kue getuk, yaitu berbahan dasar dari singkong yang dihaluskan umumnya dengan cara di tumbuk. Makanan ini memiliki rasa yang manis, getuk ada 2 (dua) jenis diantaranya yang berwarna coklat karena dicampur dengan gula jawa,dan yang berwarna putih ke kuning-kuningan yang dicampur menggunakan gula pasir.

4. Lemper

lemper
Lemper (wikimedia.org)

Contoh jajanan pasar selanjutnya yang enak dan gurih yaitu Lemper. Lemper adalah suatu makanan yang terbuat dari bahan dasar beras ketan yang didalamnya disisi dengan daging halus. Lemper di dalamnya di isi dengan abon sapi, daging ayam, dan daging sapi yang sebelumnya telah diolah atau dimasak, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Rasanya gurih dan enak, karena beras ketannya yang dimasak mencampur dengan santan kelapa.

5. Serabi

serabi oncom
serabi oncom

Kue serabi berbahan dasar tepung terigu dan tepung beras dan memiliki bentuk bundar. Jika di tatar sunda disajikan dengan toping oncom, dimasak menggunakan tengku dari tanah liat sehingga rasanya yang khas. Karena sering di inovasikan maka sekarang serabi memiliki berbagai macam toping seperti keju, cioklat, osis, dan sebagainya dan jika di daerah jawa serabi sering disajikan dengan siraman air gula.

Sebenarnya masih banyak jajanan pasar yang enak-enak rasanya diantaranya seperti: kue balok, pisang molen, putu ayu, kue lapis, cenil dan lain sebagainya.

Itulah artikel tentang pengertian jajanan pasar, dan semoga artikel ini biasa bermanfaat untuk teman-teman yang membacanya.

Bagikan Ke: