Pengertian Web Hosting dan Jenisnya

Mengenal pengertian web hosting dan jenisnya yang sering digunakan untuk menyimpan data atau  tempat penyimpanan web di internet. Kali ini saya akan menulis artikel mengenai web hosting, kalau kamu belum mengetahuinya dibawah ini yaitu definisi web hosting dan jenisnya, selamat membaca. 

Apa Pengertian Web Hosting?

Web hosting adalah berasal dari 2 (dua) kata yaitu Web dan Host, kata Host sendiri bisa di artikan menjadi tuan rumah atau yang menerima tamu. Akan tetapi didalam internet hosting yaitu suatu tempat penyimpanan banyak file data atau server yang disediakan oleh suatu perusahaan yang memberikan sebuah layanan untuk disewakan.

Jadi pengertian Web Hosting adalah sebuah jasa layanan teknologi internet yang menyediakan tempat penyimpanan file-file secara online, konektivitas jaringan serta layanan lain yang dibutuhkan untuk menyajikan file data ke internet.

pengertian web hosting
pixabay.com

Perusahaan yang menyediakan sebuah layanan Web hosting dikenal dengan sebutan Webhost. Biasanya memberikan informasi yang detail menganai layanannya seperti kapasitas penyimpanan file, data transfer dan juga konektivitas dalam suatu paket hosting.

Sebenarnya server web hosting sendiri adalah sebuah komputer biasa tapi mempunyai kelebihan dari hardware serta software dasar untuk sebuah server dan mempunyai kemampuan online 24 jam setiap harinya atau sering disebut 24 jam 7 hari.

Di Internet dapat ditemukan berbagai macam penyedia layanan web hosting mulai dari yang murah hingga yang mahal, hal ini tergantung kapasitas penyimpanan data, kapasitas bandwith, hingga tempat dimana servernya di simpan semakin dekat maka semakin cepat saat mengakses web. BACA: Pengertian Bandwidth dan Fungsinya

Macam-Macam atau Jenis-Jenis Hosting

1. VPS

Kependekan dari Virtual Private Server atau bisa juga Virtual Dedicated Server yaitu  merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software OS (sistem operasi) yang dipakai oleh server. Disebut virtual sebab dimungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang berbeda. BACA: VPS adalah Pilihan Server Yang Stabil Untuk Website

2. Shared Hosting

Server hosting yang dipakai secara bersama-sama atau sering di sebut disharing. Di satu server terdapat lebih dari satu nama domain sebab berbagai orang dapat memakainya. Dalam satu server hosting terdapat beberapa akun tapi yang membedakan mereka antara akun-akun tersebut, masing-masing akunnya memiliki username dan juga  password.

3. Dedicated Server

Dipakai untuk aplikasi yang lebih besar serta tidak bisa dioperasikan didalam shared hosting atau virtual dedicated server. Pada jenis tersebut penyediaan server ditanggung perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

4. Colocation Server

Merupakan sebuah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang digunakan untuk hosting. Server disediakan oleh konsumen atau pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Itulah tadi pengertian web hosting dan jenis-jenisnya, semoga dapat menambah wawasan kamu, dan bermanfaat.

Bagikan Ke: