Pengertian Peta dan Fungsinya: Syarat, Jenis, serta Cirinya

Berikut ini pengertian peta dilengkapi dengan syarat-syarat peta, fungsinya, dan jenis-jenisnya secara lengkap. Peta menjadi hal yang penting dalam bepergian karena kita dapat mengetahui cara menuju suatu tempat yang di tuju. Saat ini bentuk peta ada beberapa jenis seperti peta digital hingga peta yang dicetak dalam kertas.

Jelaskan Pengertian Dari Peta!

Pengertian peta adalah suatu gambaran dari permukaan bumi, di gambar pada bidang yang datar, lalu diperkecil dengan sekala tertentu, dan dilengkapi dengan simbol-simbol yang memberikan penjelasan tertentu.

Peta bisa disajikan dalam berbagai macam cara yang berbeda-beda, mulai dari peta konvensional yang tercetak, sampai dengan peta digital yang di tampilkan di layar komputer hingga smartphone. Istilah peta sendiri berasal dari bahasa Yunani ‘Mappa’ yang artinya Taplak atau juga kain penutup meja.

pengertian peta
beautiful-indonesia.umm.ac.id

Fungsi Peta

Fungsi peta yang beragam di dalam kehidupan, diantaranya:

  • Menggambarkan bentuk dari permukaan bumi
  • Menunjukan lokasi dari suatu tempat
  • Mengetahui jarak antara suatu tempat
  • Menunjukan potensi kekayaan alam suatu tempat
  • Sebagai alat peraga atau juga media dalam pendidikan

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Garis Lintang dan Garis Bujur?

Jenis-Jenis Peta

Jenis peta, jenis peta dibagi menjadi 2 (dua) diantaranya:

1. Peta Umum

Peta umum biasanay sering disebut dengan peta topografi. Merupakan peta yang menggambarkan suatu keadaan umum dari wilayah. Keadaan umum yang digambarkan meliputi objek ataupun kenampakan alam serta buatan. kenampakan alam tersebut misalnya seperti: dataran rendah, sungai dataran tinggi, danau,pantai , laut dan lain-lain. Objek buatan misalnya seperti: desa, kota, jalan tol, rel kereta, dan lain-lain.

2. Peta Khusus

Peta khusus adalah suatu peta yang menggambarkan berbagai data tertentu di suatu wilayah. Peta kgusus juga disebut dengan peta tematik. Contohnya seperti peta khusus peta persebaran fauna di suatu negara, Peta hasil tambang, peta cuaca, dan lain-lain.

Ciri-Ciri Peta Yang Baik

berikut ciri-ciri peta yang baik sehingga layak digunakanseperti:

  • Peta harus mudah dimengerti oleh penggunanya atau, ditangkap maknanya oleh si pengguna peta.
  • Peta tidak boleh membingungkan si pemakainya.
  • Peta juga harus memberikan gambaran yang sebenarnya. Berarti peta tersebut harus cukup teliti/detail sesuai dengan tujuannya.
  • Peta itu dinilai melalui penglihatan (oleh mata), maka tampilan peta hendaknya enak dipandang (rapih, menarik dan bersih).
  • Peta itu harus ekuivalen (daerah yang digambar harus sama luasnya jika dilakukan dengan skala peta tersebut)

Baca Juga: Mengenal Pengertian Denah dan Fungsinya

Syarat-Syarat Peta

1. Equivalent

Maksud dari syarat equivalent yaitu luas daerah yang digambarkan harus memiliki persamaan perbandingan luas dengan daerah sebenarnya, perbandingan tersebiut bisa di tunjukan dalam bentuk skala.

2. Equidistant

Pada syarat peta ini jarak antara daerak ke daerah lain harus memiliki kesamaan dengan jarak sebenarnya, hal ini biasanay diwujudkan dalam bentuk skala perbandingan juga.

3. Conform

Wilayah atau daerah pada peta harus menggambarkan dengan bentuk yang sama dengan aslinya, misalnya seperti ketinggian dari permukaan laut.

4. Dilengkapi Komponen Peta

Peta yang baik tentunya dielngkapi dengan atribut komponen seperti judul peta, skala perbandingan, simbol-simbol, legenda, garis tepi, garis lintang, garis bujur, hingga sumber dan tahu pembuatannya.

Itulah secara singkat mengenai pengertian peta dan fungsinya secara jelas, terimakasih telah membaca artikel ini, jika di temukan kesalahan dalam pembahasan mohon maaf, terimakasih.

Bagikan Ke: