Mengenal Pengertian Denah dan Fungsinya Lengkap

Berikut ini pengertian denah dilengkapi dengan fungsi, jenis, unsur, dan cara membaca denah yang baik dan benar. Mungkin kita sering melihat gambar denah dari suatu bangunan, ruangan, suatu tempat baik itu di sekolah ataupun dilingkungan masyarakat, agar kita mengetahui lebih jelas tentang apa itu denah mari kita bahas bersama-sama.

Jelaskan Pengertian Denah secara Umum!

Denah adalah suatu gambaran mengenai letak tempat, bisa letak lokasi ataupun letak ruangan pada suatu bangunan. Dengan denah akan mempermudah kita untuk menemukan berbagai macam tempat-tempat tertentu, tanpa harus bertanya pada orang lain. Kita juga dapat memanfaatkan kemampuan membaca denah untuk membantu orang lain jika ada yang bertanya kepada kita.

Bisa juga definisi denah lainnya yaitu tampat atas dari suatu bangunan yang terpotong secara horizontal minimal berjarak 1M dari ketinggian 0.00, dimana sebuah bangunan dengan bagian atas bangunan tersebut dihilangkan dan denah juga sebagai penunjuk atau untuk memisahkan antar ruangan yang satu dengan yang lainnya.

pengertian denah adalah
Denah Lokasi (idcopy.net)

8 Fungsi Denah

1. Fungsi Ruang

Denah dapat menunjukan letak ruangan pada suatu banguan, dengan begitu setiap orang bisa mencari ruangan yang dituju dengan mudah.

2. Susunan Ruang

Fungsi denah selanjutnya untuk penataan ruangan pada suatu bangunan, hampir sama dengan fungsi pertama fungsi ini dapat mengetahui susuanan tata letak ruangan pada bangunan.

3. Sirkulasi Ruang

Dengan denah dapat diketahui jalan keluar-masuknya suatu ruangan, sehingga orang dapat mengetahi cara tercepat menuju suatu ruangan pada bangunan.

4. Dimensi Ruang

Dengan dimensi ruang setiap orang mengetahui ukuran setiap ruangan pada suatu banguan, atau untuk menunjukan ukuran seriap ruangan pada gedung.

5. Letak Pintu dan Bukaan

Berguna untuk mengetahui letak pintu dan bukaan pada suatu gedung, hal ini biasanya untuk mempermudah untuk melakukan evakuasi saat keadaan darurat.

6. Isi ruang

Berguna untuk mengatahui apa saja yang ada pada setiap ruangan pada suatu gedung, atau untuk menunjukan isi sutu ruangan.

7. Utilitas ruang

Untuk menunjukan fungsi ac, listrik, penghangat ruangan, dan lain-lain biasanya ini terdapat pada denah tertentu.

8. Fungsi Menunjukan Lokasi

Fungsi ini menggambarkan suatu daerah dan untuk menunjukan lokasi tempat tujuan, denah yang menggunakan fungsi ini sering kita temukan di kartu undangan.

Saat membaca denah, hal utama yang harus kita perhatikan yaitu arah mata angin sebagai patokannya, yang dimana setiap denah biasanya mata angin menunjukkan arah utara, lalu dicantumkan nama-nama jalan dan juga tempat-tempat umum yang memudahkan kamu untuk mencapai tempat tertentu.

Baca Juga: Pengertian Peta dan Fungsinya

Jenis-Jenis Denah

1. Denah Sederhana

Denah yang tidak terlalu rumit, biasanya hanya menggambarkan suatu tempat atau ruangan yang tidak telalu luas dan dibuat secara simpel dan diterbitkan secara resmi oleh suatu lembaga, misalnya denah ruang rapat yang terdiri ari kursi, meja, layar infocus, dll.

2. Denah Kompleks

Denah yang lebih luas yang di dalamnya memiliki struktur yang rumit, misalnya denah tempat wisata, denah gedung perkantoran, denah kampus, dan sebaginya.

Unsur-Unsur Denah Secara Umum

1. Judul

Judul merupakan unsur yang pertama dalam penggamabaran suatu denah, karena judul berguna menghindari kesalahan saat memebaca denah, sehingga orang yang membacanya tidak bingung dalam memahami tata letak suatu tempat yang dia tuju.

2. Penggambaran lokasi

Menggambarkan lokasi ruangan atau tempat, misalnya pada kampus terdapat lokasi ruangan, tempat parkir, toilet, ruangan akademik, front office, lapangan, musola, ruangan dosesen, lab, kantin, dan sebaginya.

3. Arah Mata Angin

Denah yang baik selalu memiliki petunjuk arah mata angin, hal ini supaya orang yang membacanya mengetahui suatu tempat menghadap kemana. Arah mata angin selalu menunjukan arah Utara.

4. Ada Nama-Nama Tempat

Unsur denah selanjutnya adanya nama-nama setiap tempat atau lokasi. Jadi denah yang baik tidak hanya menggambarkan suatu ruangan atau tempat saja tapi memberi keterangan setiap bagiannya.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Garis Lintang dan Garis Bujur?

Langkah-Langkah atau Cara Membaca Denah

Berikut dibawah ini langkah – langkah atau cara membaca denah, antara lain:

  • Bacalah terlebih dahulu judul denah tersebut, biasanya letaknya di bagian tengah atas.
  • Perhatikan keterangan-keterangan atau legenda yang menjelaskan simbol pada denah yang ada.
  • Baca juga hubungan antara bagian denah, baik yang berupa jalan maupun berupa bangunan-bangunannya.
  • Ajukan segala hal yang ingin kita ketahui dari denah tersebut.
  • Baca juga keseluruhan isi dari denah untuk mencari jawaban atas berbagai pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan.

Mungkin itulah postingan mengenai pengertian denah dan fungsinya serta cara atau langkah – langkah membaca denah, semoga postingan kali ini dapat membantu teman-teman dalam menambah ilmu pengetahuan.

Bagikan Ke: