Ketahuilah Pengertian Mailing List Dan Fungsinya

Berikut ini seputar pengertian mailing list dan fungsinya, apakah kamu pernah mendengar kata Milis? istilah ini sering digunakan dalam internet untuk bertukar informasi menggunakan surat elektronik. Untuk memahaminya lebih jelas mari pelajari tentang milis di artikel kali ini.

A. Apa Pengertian Mailing List?

Yang dimaksud dengan Mailing List adalah, sering disebut juga dengan Milis yaitu sebuah alamat e-mail yang di gunakan oleh sekelompok pengguna internet, untuk melakukan kegiatan saling tukar-menukar berbagai macam informasi. Setiap pesan yang di kirimkan ke alamat sebuah milis secara otomatis akan diteruskan ke alamat e-mail semua anggotanya.

Pengelompokan alamat e-mail ini artinya jika suatu surat di kirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem mengirimkannya kepada seluruh alamat yang telah di daftarkan dalam database mesin tersebut.

pengertian mailing list
sumber: pixabay.com

Dengan adanya mailing list, jika satu surat ingin dikirimkan kepada beberapa orang, maka cukup saja dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman e-mailnya juga bisa di setting apakah setiap e-mail yang dikirimkan oleh anggota bisa diterima ataupun cukup diterima sekaligus.

B. Apa Fungsi Mailing List?

Singkatnya dengan berkomunikasi memanfaatkan teknologi Milis ini, seluruh anggota Milis dapat menerima e-mail yang dikirim oleh satu anggota tanpa perlu mengirimkan satu-persatu kepada masing-masing anggota.

Dalam berhubungan dengan suatu komunitas (seperti misalnya dengan saudara dalam suatu keluarga besar atau teman-teman yang terbesar di berbagai daerah yang telah tersebar), maka Mailing List dapat di manfaatkan sebagai jalan yang dapat memperlancar komunikasi. (Baca Juga: Pengertian Online Dan Offline)

C. Kesimpulan Pembahasan

Dari pembahasan di atas maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa mailing list adalah alamat Email yang digunakan suatu kelompok untuk mengirim berbagai Informasi lewatSurat elektronik.

Dengan Milis maka informasi yang dikirim bisa dikirim secara langsung ke seluruh anggota yang tergabung, jadi lebih praktis tanpa harus mengirimkan satu per satu.

Akhir kata, Itulah pembahasan mengenai pengertian mailing list atau yang lebih dikenal dengan sebutan Milis dan fungsinya, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu.

Bagikan Ke: