Seputar Pengertian Komunikasi Bisnis Dan Menurut Para Ahli

Mengenal pengertian komunikasi bisnis dan menurut para ahli di sajikan dengan lengkap dan jelas yang dapat kamu baca di artikel ini. Komunikasi sangat di perlukan dalam berbisnis tentunya ha ini menjadi sesuatu yang penting terutama dalam mengembangkan bisnis supaya lebih maju lagi.

A. Apa Pengertian Komunikasi Bisnis?

Komunikasi bisnis adalah pertukaran pendapat, informasi, gagasan, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol – simbol, sinyal maupun tindakan.

Ataupun definisi komunikasi bisnis yang lainnya yaitu suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan. Komunikasi yaitu persepsi dan apresiasi.

B. 6 Unsur-Unsur Komunikasi Bisnis

Ketika dalam komunikasi bisnis terdapat 6 (enam) unsur pokok:

pengertian komunikasi bisnis
sumber: pixabay.com

1. Tujuan

Mempunyai tujuan, yang artinya komunikasi bisnis harus mempunyai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.

2. Pertukaran

Pertukaran yaitu dalam hal ini melibatkan paling tidak 2 (dua) orang ataupun lebih yaitu komunikator dan juga komunikan.

3. Gagasan

Gagasan, informasi, opini, instruksi merupakan isi pesan yang bentuknya beragam tergantung dari tujuan, situasi, serta kondisinya.

4. Menggunakn Media

Memakai saluran personal ataupun impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu ataupun melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.

5. Simbol Tertentu

Memakai simbol, sinyal yang merupakan alat ataupun metode yang dapat dimengerti serta dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.

6. Pencapaian

Pencapaian tujuan organisasi ialah salah satu karakteristik yang membedakan organisasi /lembaga formal dari informasi yaitu adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Baca Juga: Pengertian Etika Bisnis Dan Contohnya.

C. Beberapa Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

  • Komunikasi Bisnis menurut: Katz [1994:4] – Komunikasi Bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, & konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil.
  • Lalu menurut: Persing [1981:108] – Komunikasi Bisnis adalah proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian & Penerimaan pesan, baik itu dalam bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal yang dilakukan di dalam suatu organisasi yang membayar orang yang secara bersama-sama memproduksi & memasarkan barang-barang & jasa guna memperoleh keuntungan.
  • Dan menurut: Rosenbalt [1982:7] – Komunikasi Bisnis adalah pertukaran ide-ide opini, informasi, instruksi & sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol / tanda, untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan.

Akhir kata, Itulah artikel tang membahas tentang pengertian komunikasi bisnis, semoga artikel ini dapat bermnafaat terutama dalam menambah wawasan kamu.

Bagikan Ke: