Pengertian Cuaca Dan Unsurnya Secara Lengkap

Inilah pengertian cuaca dan unsur-unsurnya – Apa yang dimaksud dengan cuaca? lalu apa saja unsur-unsurnya? untuk membacanya dan memahaminya secara lengkap, berikut penjelasannya.

A. Penjelasan Cuaca

Cuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit (tidak luas) dan pada jangka waktu yang singkat. Atau definisi cuaca ialah keadaan udara harian pada suatu tempat tertentu dan meliputi wilayah yang sempit, keadaan cuaca ini dapat berubah setiap harinya.

Atau pengertian cuaca yang lainnya yaitu suatu keadaan rata-rata udara sehari-hari disuatu tempat tertentu & meliputi wilayah yang sempit dalam jangka waktu yang singkat. Keadaan dari cuaca mudah berubah – ubah, karena disebabkan oleh tekanan udara, suhu, angin, kelembaban udara, dan juga curah hujan.

pengertian cuaca dan iklim
sumber: pixabay.com

Seperti contohnya: Ketika pada pukul 07.00 WIB, keadaan cuaca di kota Bandung cerah suhu udaranya berkisar antara 23.C – 27.C, dan angin yang berhembus dari arah barat laut berkisar dengan kecepatan 25 km/jam, Akan tetapi ketika pada pukul 14.00 WIB keadaan cuacanya berubah menjadi berwarna tebal dengan suhu udara berkisaran 30.C, dan angin bertiup dari arah barat dengan kecepatan 20 km/jam.

B. Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim

Untuk memahami gejala cuaca dan iklim diperlukan pemahaman mengenai unsur-unsurnya. Berikut ini unsur-unsur cuaca dan iklim, diantaranya seperti:

1. Suhu/temperatur

Suhu udara/temperatur udara  di suatu tempat akan berbeda dengan tempat lainnya, karena disebabkan oleh beberapa faktor:

  • lamanya penyinaran matahari ke bumi, adalah intensitas penyinaran matahari di belahan bumi sangat bervariasi tergantung oleh letak lintang.
  • ketinggian suatu tempat, semakin datar suatu tempat atau wilayah maka panas yang diterima akan semakin besar.
  • keadaan awan, Jika di atmosfer banyak terdapat awan maka panas yang diterima bumi akan lebih kecil karena terserap oleh awan.
  • keadaan tumbuhan di permukaan bumi.
  • sudut penyinaran matahari, adalah suatu sudut yang dibentuk oleh sinar matahari pada bidang permukaan di bumi.

Sedangkan alat yang dipakai untuk mengukur suhu udara yaitu thermometer. (Baca Juga: Pengertian Suhu)

2. Tekanan undara

Yaitu suatu gaya yang timbul karena adanya berat dari lapisan udara, besarnya tekanan udara di suatu tempat dapat berubah-rubah. Atau kerapatan massa udara dalam satuan wilayah tertentu. Sedangkan alat untuk mengukur tekanan udara ialah Barometer.

3. Kelembaban udara

Yaitu banyak sedikitnya uap air yang terkandung dalam udara pada saat waktu tertentu. Sedanfkan alat yang digunakan untuk mengukur kelembaban udara disebut dengan Higrometer

4. Angin

Yaitu udara yang bergerak dari daerah bertekanan maksimum (tinggi) ke daerah tekanan minimun (rendah). Sedangkan untuk mengukur kecepatan & arah angin digunakan Anemometer dengan menggunakan skala Beaufort.

5. Hujan/Curah hujan

Yaitu intensitas atau jumlah air hujan yang turun pada suatu wilayah dalam waktu tertentu. (Baca Juga: Pengertian Hujan)

Akhir kata, Mungkin itulah artikel mengenai definisi atau pengertian cuaca dan unsur-unsurnya semoga dapat bermanfaat dalam menambah pengetahuan kamu, dan jika ada kesalahan mohon maaf…

Bagikan Ke: