Pengertian Profesional dan Ciri-Cirinya Lengkap

Membahas pengertian profesional dan ciri-cirinya seorang profesional terutama di dunia kerja. Apa yang dimaksud dengan profesional? apa saja ciri-ciri dari profesional? jika kamu belum mengetahui arti dari profesional dan ingin mengetahuinya secara lebih lengkap, kamu dapat membaca dan memahami artikel ini.

Apa Definisi Profesional?

Pengertian profesional adalah orang yang memiliki profesi dimana dalam bekerja dia mengguankan ketermapilan khusus atau skill yang tinggi untuk menyelesaikan pekerjannya dan berpegang teguh pada nilai moral yang mengarahkan dalam bekerja.

Bisa juga arti profesional adalah orang yang hidup dengan cara mempraktekan suatu keterampilan atau keahlian tertentu yang terlibat dengan suatu kegiatan menurut keahliannya. Jadi dapat disimpulkan bahwa seorang profesional yaitu orang yang menjalankan profesi sesuai dengan keahliannya.

pengertian profesional
pixabay.com

Seorang profesional tentunya harus mempunyai keahlian yang di dapatkan melalui suatu proses pendidikan dan disamping itu terdapat unsur semangat pengambilan dalam melaksanakan suatu kegiatan kerja. Dalam melakukan tugas profesi, seorang profesional harus dapat bertindak objektif, yang artinya bebas dari rasa sentimen, benci, malu maupun rasa malas dan enggan bertindak serta mengambil keputusan.

BACA: Pengertian Profesi dan Contohnya: Ciri, Syarat, hingga Karakteristik

3 Hal Pokok Yang Ada Pada Seorang Profesional

Profesional adalah seorang yang memiliki tiga hal pokok yang ada didalam dirinya, yang diantaranya meliputi:

1. Skill

Skill atau kemampuan khusus merupakan keahlian yang didapatkan dari pelatihan atau pendidikan, lalu orang tersebut mendalaminya sehingga menjadi ahli pada bidangnya. Misalnya Dokter bedah, Kontraktor, arsitek, Guru, Programer, dan sebagainya.

2. Knowledge

Bisa diartikan sebagai wawasan mengenai ilmu yang berkaitan dengan profesinya. Biasanya seorang profesional di dunia kerja memiliki wawasan luas yang berkaitan dengan pekerjannya. Wawasan ini bisa di dapatkan dari pelatihan atau pendidikan yang ditempuh cukup lama.

3. Attitude

Tidak hanya harus memiliki kemampuan dan wawasan yang luas, tapi seorang profesional juga memiliki moral dan etika yang diterapkan pada bidangnya maupun saat dia berkeja.

BACA: Pengertian Pekerjaan dan Contohnya

Ciri-Ciri Profesional

Adapun ciri ciri dari profesional yang diantaranya sebagaimana di bagian bawah ini:

1. Memiliki kemampuan dan pengetahuan yang tinggi

Ciri profesional yang pertama memiliki kemampuan yang tinggi dalam bidangnya termasuk wawasan juga yang didapatkan dari pelatihan atau pendidikan yang lama.

2. Memiliki kode etik

Pemiliki peraturan khusus yang harus dijalankan saat dia melakukan pekerjaan. Kode etik ini bisanya sesuai dengan bidangnya masing-maising.

3. Integritas Tinggi

Integritas yang tinggu terhadap prinsip moral dan menjalankan pekerjaan secara konsisten. Kepribagian pekerja yang mengedepankan kejujuran, disiplin dan rasa tanggung jawab terhadap profesi pekerjannya.

4. Jiwa Pengabdian Pada Masyarakat

Memiliki jiwa pengabdian pada masyarakat, jadi tidak selalu melihat gaji tapi seorang profesional juga harus mementingkan pengabdian pada masyarakat yang paling utama.

5. Kemampuan Perencanaan

Beberapa diantaranya harus memiliki kemampuan yang baik dalam perencanaan program kerja, supaya pekerjaan yang dijalankan sesuai target.

6. Memiliki Anggota Profesi

Setiap seorang profesional memiliki anggota organisasi sendiri, dimana setiap yang menjalani profesi khusus biasanay diwajibkan menjadi anggota. Misalnya seperti Ikatan Dokter Indonesia.

Demikian tulisan yang membahas mengenai pengertian profesional dan ciri-cirinya, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang banyak untuk yang telah membacanya.

Bagikan Ke: