Ringkasan Pengertian Pelanggan Dan Jenis Pelanggan Terjelas

Pengertian pelanggan dan jenis pelanggan dapat teman-teman baca di artikel ini – Pada sebuah bisnis atau usaha pastinya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan juga menciptakan kepuasan bagi para konsumen atau pelanggan.

Jika pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa perusahaan, maka perusahaan juga akan mendapatkan banyak manfaat yang diantaranya seperti hubungan perusahaan dengan para pelanggan menjadi lebih baik dan harmonis, para pelanggan akan menjadi lebih loyal terhadap produk perusahaan serta akan membentuk efek rekomendasi dari satu pelanggan ke pelanggan lainnya mengenai produk yang dijual oleh perusahaan.

Hal seperti ini tentunya akan menguntungkan bagi perusahaan, karena informasi yang berasal dari mulut ke mulut lebih baik daripada menpromosikan lewat iklan. Lalu pada kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan mengenai definisi pelanggan, yang penjelasannya dapat teman-teman baca pada pembahasan kali ini.

A. Apa Pengertian Pelanggan ?

Pelanggan adalah instansi, lembaga, organisasi ataupun orang yang membeli produk atau jasa perusahaan secara rutin atau berkesinambungan karena produk atau jasa yang dibelinya merasa sangat bermanfaat. Dapat dikatakan juga pelanggan yaitu orang-orang yang memberikan perhatian penuh terhadap produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.

pengertian pelanggan
sumber: pixabay.com

Pelanggan bukan hanya orang yang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan saja, akan tetapi pelanggan juga adalah orang yang memiliki rasa ingin dihormati dan merupakan bagian terpenting dalam perusahaan. Kepuasan para pelanggan merupakan respon yang emosional dari para pelanggan pada evaluasi terhadap pengalaman saat mengkonsumsi suatu produk ataupun jasa.

Baca Artikel Lainnya: Pengertian Marketing dan Fungsinya.

Baca Artikel Lainnya: Pengertian Perilaku Konsumen.

B. Jenis-Jenis pelanggan

Umumnya terdapat 3 (tiga) jenis pelanggan yaitu pelanggan internal, eksternal dan antara. Untuk lebih lenggkapnya kamu dapat membaca penjelasan dibawah ini:

1. Pelanggan ekseternal

Merupakan kelompok ataupun orang yang berada di luar perusahaan yang menerima produk. Pelanggan eksternal pada setiap perusahaan merupakan masyarakat umum yang menerima produk atau jasa dari perusahaan. Adapun beberapa hal yang diperhatikan pelanggan eksternal diantaranya: kesesuaian dengan kebutuhan produk atau jasa, kualitas produk atau jasa, haganya yang kompetitif, pengiriman yang tepat waktu dan pelayanan.

2. Pelanggan internal

Merupakan kelompok ataupun orang dalam perusahaan yang memiliki pengaruh pada peforma pekerjaan. Adapun hal-hal yang diperlukan pada pelanggan internal diantaranya seperti: kerjasama, kerja kelompok, sistem dan struktur kerja yang efesien, pekerjaan yang berkualitas serta pengiriman yang tempat waktu.

3. Pelanggan antara

Merupakan kelompok ataupun orang yang bertindak sebagai perantara produk, akan tapi bukan sebagai pemakai akhir dari produk perusahaan. Misalnya seperti agen perjalanan yang bertindak sebagai pemesan kamar penginapan untuk para pemakai akhir atau seperti  distributor yang bertindak dalam mendristibusikan produk-produk perusahaan.

Hanya itulah penjelasan yang singkat tentang pengertian pelanggan dan jenisnya. Semoga penjelasan kali ini dapat memberikan banaayk manfaat dan mohon dimaafkan jika terdapat beberapa kesalahan maupun kekurangan. Terimakasih banyak atas kunjungannya…

Bagikan Ke: