Pengertian Konsumsi Dan Tujuannya Dalam Ekonomi

Inilah definisi atau pengertian konsumsi dan tujuannya. Di dalam kehidupan ini, baik itu dalam rumah tangga, keluarga dan lingkungan sekitar kita, pastinya kita akan menggunakan barang atau jasa untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan ada yang hanya sekali digunakan langsung habis, ada juga yang tidak langsung habis tapi habisnya secara perlahan-lahan. Kegiatan kita yang menggunakan barang ataupun jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup inilah yang disebut dengan Konsumsi. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari dibawah ini tentang apa itu konsumsi.

A. Pengertian Konsumsi Dalam Ekonomi

Yang dimaksud dengan konsumsi adalah suatu kegiatan yang bertujuan menggunakan manfaat dari barang atau jasa dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidup. Atau konsumsi yaitu tindakan manusia memakai dan menikmati guna barang ataupun jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

B. Tujuan Konsumsi

Sedangkan tujuan dari konsumsi yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup secara langsung, penggunaan terhadap barang atau jasa diluar tujuan tersebut tentunya tidak termasuk sebagai kegiatan konsumsi. Contoh yang Bukan termasuk kedalam kegiatan konsumsi misalnya seperti: seorang sopir angkutan yang mengangkut penumpang setiap pagi sampai siang hari, hal seperti ini termasuk kedalam kegiatan produksi bukan konsumsi.

pengertian konsumsi
sumber: pixabay.com

Dengan demikian kita harus dapat menentukan apakah salah satu kegiatan termasuk kedalam kegiatan konsumsi atau bukan, untuk dapat menentukannya kenalilah ciri-ciri barang konsumsi.

Baca Juga: Pengertian Motif Ekonomi dan Macamnya.

Baca Juga: Pengertian Prilaku Konsumen.

C. Ciri-ciri  Benda atau Barang Konsumsi

Untuk mengetahui apakah pemakaian suatu barang termasuk kedalam konsumsi atau bukan, terdapat beberapa ciri yang membedakannya, diantaranya:

  • Barang konsumsi memiliki manfaat, nilai dan volume yang jika digunakan akan habis sekaligus atau habisnya secara berangsur-angsur. Habis atau tidaknya suatu barang saat dikonsumsi dapat dibedakan menjadi: Barang yang dapat habis dalam sekali pemakaian, misalnya seperti: minuman dan makanan. Lalu barang yang dipakai berulang-ulang dan semakin lama semakin habis atau akan rusak. Misalnya seperti celana, baju, sepatu, ember, tv dan lain-lain.
  • Barang konsumsi digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika penggunaan traktor, cangkul, palu dsb. tidak termasuk kedalam kegiatan konsumsi, karena barang atau benda tersebut termasuk kedalam produksi.
  • Barang konsumsi merupakan barang ekonomi dan diperoleh dengan pengorbanan. Jika menghirup oksigen, berjemur di pagi hari dsb. bukanlah kegiatan konsumsi karena didapat secara gratis. Jadi barang konsumsi harus diperoleh dengan pengorbanan dan merupakan barang ekonomi.

B. Faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi

Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan konsumsi, yang diantaranya seperti:

1. Jumlah anggota keluarga.

Jadi semakin banyak anggota keluarga maka akan semakin besar juga pengeluaran atau konsumsi terhadap suatu barang atau jasa.

2. Harga dari barang.

Tingkat konsumsi di dalam suatu keluarga tergantung dari ketersediaan barang atau jasa yang ada di pasar. Jika harga suatu barang naik, tetapi pendapatan tetap maka tingkat konsumsinya akan menurun. Begitupun sebaliknya jika harga barang turun tetapi pendapatan tetap, maka tingkat konsumsi terhadap suatu barang akan naik atau meningkat.

3. Tingkat dari penghasilan atau pendapatan.

Semakin tinggi penghasilan atau pendapatan seseorang maka akan semakin tinggi juga konsumsi yang dilakukannya.

Demikian pembahasan tentang pengertian konsumsi, semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat. Sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: