Pengertian Budidaya: Manfaatnya dan Contohnya Secara Umum

Berikut ini pengertian budidaya secara umum, disertai manfaatnya dan contohnya. Apa kamu pernah mendengar istilah budidaya? Istilah ini selalu berkaitan dalam proses memperbanyak sumber daya hayati, yang umumnya dalam bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan hewan. Saat ini banyak masyarakat yang menjadikan budidaya tanaman atau hewan sebagai sumber penghasilannya.

Definisi Budidaya

Pengertian budidaya adalah upaya yang terencana untuk memelihara dan mengembangbiakan tanaman atau hewan supaya tetap lestari sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan.Bisa juga arti budidaya yaitu mengambangkan sekaligus memanfaatkan sumber daya hayati seperti tumbuhan dan hewan yang dilakukan oleh manusia sehingga mendapatkan hasil yang menguntungkan. Fungsi budidaya sendiri selain untuk memanfaatkan hasilnya dan meraih keuntungan ekonomis bisa juga untuk memperbanyak sumber daya tersebut.

Misal yang sering di budidayakan dari jenis tanama sepeti tanaman pangan padi, singkong, jagung dan gandum, lalu dari jenis sayuran seperti kangkung, bayam, brokoli sawi, dan lain-lain.  Adapun jenis hewan yang sering di budidayakan dan tentunya bernilai ekonomis seperti ayam, kambing, sapi, domba, bebek, hingga ikan air tawar nila, lele, gurame, mas, dan lain-lain.

Sebutan profesi yang membudidayakan tanaman sering disebut petani, jika yang membudidayakan hewan sering disebut peternak. Petani tidak selalu menanam tanaman pangans eperti padi tapi bisa juga menanam tanaman sayur-sayuran hingga buah-buahan. Dari hasil membudiayakan tanaman dan hewan, hasilnya bisa di jual ke pasar atau pengepul sehingga petani dan peternak mendapatkan keuntungan.

Manfaat Budidaya

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari budidaya, misalnya:

  • Dapat memperoleh keuntungan baik dari segi ekonomis maupun dari segi konsumsi sebagai makanan.
  • Dapat memperoleh hasil yang maksimal dari kualitas hasil produksi.
  • Dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena terbukanya lapangan pekerjaan.
  • Budidaya dapat di jadikan sebagai sarana untuk mengelola potensi Sumber Daya Alam.
  • Dengan membudidayakan tanaman maka dapat membuat udara semakin bersih, dan lingkungan semakin sejuk.

BACA: Pengertian Tanaman Hortikultura

Contoh Budidaya

Berikut beberapa contoh budidaya yang sering dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan penghasilan, misalnya:

1. Budidaya Tanaman Pangan

pengertian budidaya padi
pixabay.com

Budidaya tanaman pangan adalah jenis budidaya yang kegiatannya menanam tanaman yang dapat menghasilkan karbohidrat dan protein. Banyak sekali orang yang menanam tanaman jenis pangan karena hasilnya menguntungkan dari segi ekonomi dan tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan orang banyak. Contoh tanaman pangan misalnya: padi, gandum, kacang tanah, ubi jalar, singkong, jagung, dan lain-lain.

2. Budidaya Tanaman Sayur

budidaya tanaman sayur
pxhere.com

Budidaya tanaman sayur adalah kegiatan menanam tanaman yang menghasilkan bahan pangan dengan memanfaatkan sumber daya dari tumbuhan yang di tanam, tanaman sayur umumnya mengandung berbagai vitamin. Contoh tanaman sayuran yang sering di budidayakan: Kangkung, Bayam, Kol, Seledri, selada, bayam, sawi, dan lain-lain.

3. Budidaya Tanaman Buah

bididaya apel
pxhere.com

Budidaya Tanaman Buah yaitu kegiatan menanam yangdimana tanamannya menghasilkan buah-buahan, sehingga hasilnya bisa mendapatkan keuntungan. Banyak sekali jenis tanaman buah-buahan yang sering di budidayakan misal: buah naga, anggur, jambu, apel, jeruk, mangga, cabe, semangka, melon, pisang, kelapa, dan lain-lain.

Dalam membudidayakan tanaman biasanya masyarakat sering menanamnya secara langsung pada tanah lahan pertanian atau dengan cara hidroponik tanpa menggunakan tanah, metode hidroponik saat ini semakin berkembang dan tidak membutuhkan lahan luas. BACA: Pengertian Hidroponik

3. Budidaya Perikanan

bukuwarung.com

Merupakan kegiatan memelihara dan mengembangbiakan ikan sehingga hasilnya bermanfaat dan bernilai ekonomis. Umumnya terdapat dua jenis ikan yang sering di dudidayakan yaitu ikan konsumsi dan ikan hias. Sebenarnya tidak hanya ikan saja yang dapat di budidayakan tapi juga organisme air lainnya misal sepeti kerang, udang, atau tumbuhan air.

4. Budidaya Hewan Ternak

budidaya ayam
pxhere.com

Merupakan kegiatan memelihara, dan mengembangbiakan hewan ternak supaya hasilnya bermanfaat dan menguntungkan. Saat ini budidaya hewan ternak sedang berkembang di kalangan masyarakat karena hasilnya sangat menguntukngkan terutama dari segi ekonomis. Beberapa contohnya seperti budidaya hewan sapi, ayam, domba, kambing, bebek, dan lain-lain.

Kesimpulan

Jadi dari penjelasan di atas maka dapat di ambil kesimpulan bahwa yang di maksud dengan budidaya adalah upaya yang terencana untuk memelihara dan mengembangkan tanaman atau hewan supaya tetap lestari serta dapat memperoleh hasil yang bisa dimanfaatkan. Manfaat dari budidaya misalnya dapat memperoleh penghasilan dari segi ekonomis, memeperoleh hasil produksi yang berkualitas, sebagai sarana untuk mengelola SDA, dan lain-lain. Beberapa contoh budidaya misalnya:

  • Budidaya tanaman pangan, seperti tanaman padi, singkong, ubi jalar, jagung, kacang tanah, dan lain-lain.
  • Budidaya tanaman sayur, seperti tanaman kangkung, bayam, kol, seledri, selada, dan lain-lain.
  • Budidaya perikanan, seperti lele, nila, gurame, udang, kerang, dan organisme air lainnya.
  • Budidaya hewan ternak, seperti sapi, kambing, ayam, domba, dan lain-lain.

Akhir kata, Itulah pengertian budidaya dan contohnya secara umum, semoga dapat dipahami dan jika ada kesalahan mohon dimaafkan, terimakasih.

Bagikan Ke: