Pengertian Pertumbuhan Secara Umum dan Contohnya

Mari kita pahami pengertian pertumbuhan, contohnya, dan ciri-cirinya pada makhluk hidup yang akan di bahas di sini. Kita sering mendengar istilah pertumbuhan dan sering juga menghubungkannya dengan perkembangan yang di alami oleh semua makhluk hidup, padahal sebenarnya istilah tersebut memiliki arti lebih luas.

Jelaskan Pengertian Pertumbuhan!

Secara umum arti Pertumbuhan adalah proses yang di alami oleh makhluk hidup dengan bertambahnya ukuran, volume, maupun jumlah sel-sel yang sifatnya irreversible (tidak bisa kembali ke semula).

Sedangkan perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan bentuk maupun sifat suatu organisme makhluk hidup yang melibatkan struktur dan fungsi yang lebih kmpleks, atau dapat di artikan juga suatu perubahan atau diferensiasi sel (suatu proses saat sel kurang khusus dan menjadi jenis sel lebih khusus) menuju keadaan yang lebih dewasa.

pengertian pertumbuhan
pixabay.com

Manusia, hewan dan tumbuhan merupakan makhluk hidup yang tentunya mengalami proses yang dinamakan pertumbuhan. Contohnya: Seperti manusia yang mulai dari anak-anak, remaja, hingga menjadi dewasa itu dinamakan pertumbuhan, atau hewan mulai dari hewan usia muda hingga hewan dengan usia dewasa, dan tumbuhan mulai dari biji hingga menjadi sebuah pohon yang besar. Perlu di ketahui bahwa lamanay pertumbuhan pada setiap makhluk hidup berdeda-beda.

Baca Juga: Pengertian Metamorfosis dan Contohnya

Contoh Pertumbuhan

Yang paling sederhana contoh pertumbuhan adalah kita sebagai manusia yanga salnya bayi, menjadi anak-anak, remaja, hingga dewasa, lalau menjadi orang tua. Jika pada tumbuhan tumbuhan muai dari biji, lalu di tanam tumbuh tunas, menjadi benih, dan tanaman tersebut semakin meninggi. Bisa juga pada hewan seperti ayam dari telur, menetas menjadi anak ayam, ayam remaja, dan ayam dewasa. Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan dipengaruhi oleh asupan makanannya.

Ciri-Ciri Pertumbuhan Yang Di Alami Oleh Makhluk Hidup

Berikut ini ciri-ciri pertumbuhan pada makhluk hidup dan apa saja yang di perlukannya untuk tumbuh dengan baik.

1. Bertambah tinggi dan besar disebut dengan pertumbuhan

Makhluk hidup dalam pertumbuhannya mengalami bertambahnya tinggi dan semakin besarnya fisik, hal ini terjadi seiring berjalannya waktu selain.

2. Beberapa Makhluk Hidup Mengalalami pertumbuhanyang berbeda-beda

Bisa kita lihat dan bandingkan pertumbuhan yang dialami Tanaman bisa lebih cepat daripada makhluk hidup lainnya, hal ini dipengaruhi oleh hormon.

3. Pertumbuhan Pada Manusia

Manusia mengalami pertumbuhan seperti bertambah tinggi dan bertambahnya berat badan, perubahan fisik seiring bertambahnya usia, dan lain-lain.

4. Perlu Makan dan Minum Untuk Tumbuh

Makhluk hidup perlu makan dan minum untuk tumbuh maksimal, hewan membutuhkan makan untuk tumbuh ada hewan yang makan tumbuhan, hewan pemakan daging, dan hewan pemakan segala, lalu tumbuham membutuhkan air, unsur hara yang ada di dalam tanah, dan cahaya matahari untuk tumbuh, serta manusia yang membutuhkan makanan bergizi untuk pertumbuhannya, Manusia untuk makan dengan memanfaatkan sumber daya dari tumbuhan dan hewan, misal sayur-sayuran, buah-buahan, lalu daging sapi, daging unggas, dan sebagainya.

Baca Juga: 12 Makanan Mengandung Asam Folat

Kesimpulan Pembahasan

Jadi pengertian pertumbuhan adalah proses yang di alami oleh makhluk hidup dengan bertambahnya ukuran, volume, maupun jumlah sel-sel yang sifatnya irreversible (tidak bisa kembali ke semula). Ciri pertumbuhan pada makhluk hidup seperti: Bertambahnya tinggi dan besar, Manusia, hewan dan tumbuhan akan mengalami pertumbuhan hari demi hari dari kecil, pendek, hingga menjadi tinggi.

Contoh pertumbuhan: manusia yang mulai dari anak-anak, remaja, hingga menjadi dewasa itu dinamakan pertumbuhan, atau hewan mulai dari hewan usia muda hingga hewan dengan usia dewasa, dan tumbuhan mulai dari biji hingga menjadi sebuah pohon yang besar.

Itulah penjelasan yang singkat mengenai definisi pertumbuhan dan cirinya secara umum, semoga dapat kamu pahami dan jika terdapat beberapa kesalahan mohon di maafkan, terimakasih.

Bagikan Ke: