Pengertian Planet: Namanya, Urutannya, dan Jenisnya di Tata Surya

Jika kamu ingin memahami tentang pengertian planet, nama-namanya, urutannya beserta jenisnya yang ada di dalam tata surya simak baik-baik di pembahasa ini. Di alam semesta banyak sekali planet yang belum diketahui manusia tapi secara umi di galaxibima sakti yang kita tempati selain ada pelanet bumi dikenal juga pelanet lainnya yang asalnya ada 9 planet sekarang diketahui ada 8 planet, oleh karena itu mari kita bahas bersama sama.

Jelaskan Pengertian Planet!

Yang dimaksud dengan Planet adalah suatu benda angkasa yang berevolusi atau beredar mengelilingi matahari sebagai pusat dari tata surya. Atau planet dapat diartikan sebagai benda angkasa yang tidak dapat menghasilkan cahaya, berbentuk bulat, dan mengelilingi matahari sebagai pusat dari tata surya. Planet hanya mementulkan cahaya yang berasal dari matahari, seperti planet venus yang terlihat bercahaya karena memantulkan cahaya dari matahari dan dikenal dengan sebutan bintang fajar.

Istilah Planet asalnya dari bahasa Yunani yaitu “Planetai” yang dapat diartikan sebagai Pengembara, karena planet beredar mengelilingi matahari, artinya kedudukan planet tidak tetap. Planet biasanya selalu memiliki pengiring yang dikenal dengan satelit, seperti bulan merupakan satelit alami yang mengelilingi bumi dan beredar bersama bumi mengelilingi matahari. Baca juga: Pengertian matahari, manfaat, karakteristik, dan bagiannya

Nama Planet Dan Urutan Planet

Berikut ini nama dan urutan planet yang paling terdekat hingga terjauh dari matahari, diantanya:

Sumber gambar: tatakata.com

1. Merkurius

Merkurius merupakan planet yang jaraknya paling dekat dengan matahari, berjarak sekitar 58 juta kilometer dari matahari, memiliki diameter sekitar 4.862 km, sekali mengelilingi matahari membutuhkan waktu 88 hari. Merkurius tidak memiliki satelit.

2. Venus

Jarak planet venus kematahari sekitar 108 juta km, memiliki diameter sekitar 12.100 Km, dan sekali mengelilingi matahari membutuhkan waktu 225 hari. Venus tidak memiliki satelit.

3. Bumi

Bumi merupakan planet yang memiliki kehidupan, berjarak sekitar 150 Juta km dari matahari, memiliki Diameter sekitar 12.750 km, waktu yang diperlukan bumi untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 365 hari, dan Usia bumi diperkirakan sudah 4,543 Miliar Tahun. Bumi memiliki satu satelit alami yaitu bulan.

4. Mars

Jarak planet Mars ke matahari sekitar 228 juta km, diameternya sekitar 6.779 km, dan waktu yang diperlukan Mars untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 687 hari. Planet ini berwarna kemerah-merahan. Mars memiliki dua satelit yaitu Phoobos dan Deimos.

5. Yupiter

Yupiter merupakan planet terbesar di tatasurya, jarak dari matahari sekitar 778 juta km, berdiameter seitar 143.000 km, waktu yang diperlukan untuk sekali mengelilingi matahari sekitar 12 tahun, dan planet ini memiliki 16 buah satelit alami. Hingga saat ini planet Yupiter diketahui memiliki 79 satelit, yang terbesar dan dikenal dengan nama Io, Europa, Ganymede, dan juga Callisto.

6. Saturnus

Planet Saturnus diameternya sekitar 120.000 km jadi merupakan planet terbesar kedua di tata surya, jaraknya ke matahari sekitar 1.428 juta km, waktu yang diperlukan untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 29,5 tahun. Saturnus merupakan planet yang indah karena memiliki cincin yang jelas, cincin tersebut terbuat dari debu dan partikel angkasa. Hingga saat ini saturnus memiliki diketahui memiliki sekitar 62 satelit dengan ukuran bervariasi.

7. Uranus

Planet uranus memiliki diameter sekitar 50.1000 km, jaraknya ke matahari sekitar 2.869 Juta km, waktu yang diperlukan untuk sekali mengelilingi matahari sekitar 84 tahun. Hingga saat ini uranus memiliki lima satelit utama yang diberi nama Miranda, Umbriel, Ariel, Titania, dan juga Oberon

8. Neptunus

Planet neptunus jaraknya paling jauh dengan matahari yaitu sekitar 4.495 juta km, berdiameter sekitar 48.600 km, waktu yang diperlukan untuk sekali mengelilingi matahari sekitar 165 tahun, dan planet ini memiliki dua buah satelit alami. Hingga saat ini neptunus memiliki 13 satelit utama yang beberapa diberi nama Thalassa, Triton, Naiad, Galatea, Proteus, Despina, dan juga Larissa.

Jika dulu kita mengenal 9 planet, termasuk pluto merupakan planet terjauh dari matahari, tapi banyak yang menyebutkan pluto tidak termasuk kedalam planet karena ukurannya terlalu kecil dan sering keluar dari orbitnya. Baca juga: Pengertian tata Surya, anggotanya, dan susunannya

nama dan urutan planet
gambaran urutan planet di tata surya

Jenis Planet di Tata Surya

1. Berdasarkan Letaknya

a. Planet dalam

Pengertian planet dalam adalah planet yang lintasan orbitnya di dalam orbit asteroid pada tata surya, diantaranya planet merkurus, venus, bumi dan mars.

b. Planet luar

Sedangkan planet luar yang mengorbit pada bagian luar orbit asteroid di tata surya, diantaranya planet Yupiter, saturnus, uranus, dan neptunus

2. Berdasarkan Penyusunnya

a. Planet Terestrial

Meruapakan planet yang penyusunnya dari batuan, diantaranya planet merkurius, venus, bumi dan mars.

b. Planet Jovian

Merupakan planet yang umumnya penyusunnya bukan dari batuan, tapi sebagian besar penyusunnya kumpulan gas dan memiliki tekanan yang besar, diantaranya Planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Kesimpulan

Jadi pengertian planet adalah suatu benda angkasa yang berevolusi atau beredar mengelilingi matahari sebagai pusat dari tata surya. Atau planet dapat diartikan sebagai benda angkasa yang tidak dapat menghasilkan cahaya, berbentuk bulat, dan mengelilingi matahari sebagai pusat dari tata surya.

Nama planet dan urutannya pada tata surya yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Jenis planet berdasarkan orbit asteroid yaitu planet dalam dan planet luar. Jika perdasarkan penyusunnya yaitu planet Terestrial yang tersusun dari batuan dan jovian yang tersusun dari kumpulan gas.

Sekian tulisan yang membahas tentang definisi planet, semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat. Tentunya data mengenai planet bias berubah-ubah sesuai dengan penemuan-penemuan baru. Jika terdapat kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: