Hewan Herbivora adalah: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

Seputar pengertian Hewan herbivora adalah istilah pengelompokan hewan berdasarkan jenis makannanya, disini akan dibahas juga ciri-ciri dan beberapa contoh hewannya.

Apa yang Dimaksud dengan Herbivora?

Pengertian hewan herbivora adalah hewan pemakan tumbuh-tumbuhan seperti rumput dan daun pepohonan. Hewan herbivora merupakan konsumen tingkat pertama di alam liar. Yang membedakan herbivora dengan hewan pemakan daging (karnivora) yaitu susunan atau bentuk giginya dan sistem pencernaannya.

Sebagian besar hewan herbivora habitatnya di padang rerumputan, hutan, atau daerah pesawahan karena melimpahnya tumbuh-tumbuhan sebagai sumber makanan utamanya. Sebagian besar herbivora di alam liar hidupnya berkelompok, misalnya hewan gajah, zebra, banteng liar, dan sebagainya.

Ciri-Ciri Hewan Herbivora

1. Makanan utamanya berupa tumbuhan

Disebut herbivora karena makanan utamanya berupa tumbuh-tumbuhan seperti rumput, sayuran, hingga daun pepohonan. Beberapa jenis hewan herbivora bisa di ternak oleh manusia karena bernilai ekonomis misalnya hewan kambing, domba, sapi, kuda, dan lain-lain.

2. Berkembangbiak dengan cara melahirkan (Vivipar)

Umumnya hewan herbivora terutama yang hodup di daratan berkemabang biak dengan cara melahirkan atau vivipar. Mereka memiliki rahim, kelenjar air susu, berdaun telinga, berkaki empat, dan sebagain besar termasuk jenis mamalia.

BACA: Vivipar adalah: Pengertian, Ciri-Ciri Umum, dan Contohnya

3. Hidup di daratan

Ciri hewan herbivora selanjutanya sebagain besar mereka hidup di daratan, karena tumbuh-tumbuhan murni sebagian besar ada di daratan. Bisa kita lihat contohnya seperti kambing, domba, kuda, jerapah, gajah, rusa, dan lain-lain.

4. Gigi Graham yang lebar

Hewan herbivora memiliki susuan gigi graham yang lebar, hal ini berguna untuk mengunyah rumput atau dedaunan supaya halus dan mudah saat di telan seta di cerna.

5. Bisa di Manfaatkan Manusia

Ada beberapa hewan herbivora yang bisa di manfaatkan manusia, karena jenis hewan ini pada umumnya mudah di jinakan. Yang sering di budidayakan seperti sapi, kambing, domba, unta, kuda, dans ebagainya, semua hewan tersebut bernilai ekonomis ada yang bisa di ambil dagingnya, air susu, hingga di manfaatkan tenaganya.

6. Sumber Makanan untuk Karnivora

Di alam liar Hewan pemakan tumbuhan menjadi sumber makanan bagi hewan pemakan daging atau karnivora. Biasanya hewan pemakan tumbuhan menjadi konsumen tingkat kedua dalam rantai makanan.

BACA: Kelompok Hewan Karnivora adalah: Pengertian dan Cirinya

Contoh Hewan Herbivora

1. Kambing

contoh hewan herbivora kambing
Kambing Jantan (pixabay)

Kambing merupakan hewan herbivora yang banyak diternakan oleh manusia. Kambing sering di manfaatkan daging hingga air susu nya untuk di konsumsi. Di Indonesia sendiri kambing sering digunakan sebagai herwan kurban saat hari haya Idul Adha. Hewan ini tubuhnya berukuran sedang, Umumnya mempunyai janggut, dahi agak cembung, ekor agak ke atas, daun telinga agak panjang, dan kebanyakan berbulu lurus sedikit kasar.

2. Sapi

hewan herbivora adalah
Sapi (pixabay)

Sapi di ternakan untuk di manfaatkan daging dan air sususnya sebagi bahan pangan manusia, karena manfaat inilah sapi sudah lama menjadi hewan ternak. Sapi dapat digolangkan menjadi tiga jenis seperti sapi perah, sapi pedaging, dan sapi pekerja. Di Indonesia, sapi umumnya di ternak di kandang-kandang, jika di beberapa negara lain ada yang diternak di lahan terbuka yang terdapat rumput sebagai sumber makanannya.

3. Kuda

kuda contoh hewan herbivora
Kuda (pixabay)

Kuda memiliki nama ilmiah “Equus caballus” meruakan salah satu hewan mamalia yang sudah sejak lama di pelihara oleh manusia, selain benilai ekonomis kuda juga memiliki nilai historis karena sudah sejak jaman dahulu menjadi hewan yang bisa di tunggagi manusia.

Untuk menunggangi kuda dibutuhkan alat yaitu sadel, di Indonesia kuda digunakan sebagai alat transportasi di pedesaan dan dan ada juga yang memanfaatkan air susunya. Ketika jaman sudah modern kuda digunakan untuk perlombaan atau cabang olah raga seperti pacuan kuda, yang mengacu kepada keterampilan saat menunggangi, mengendarai, melompat, atau berlari.

4. Rusa

rusa jantan
Rusa jantan (pixabay)

Rusa adalah hewan mamalia pemakan tumbuhan yang memiliki ciri khas adanya tanduk, sebenarnya buka tanduk tapi tulang yang tumbuh berkembang setiap tahunnya terutama pada rusa jantan. Setidaknya ada 34 spesies rusa yang tersebar di seluruh dunia, jenis rusa terkecil adalah rusa perdu yang beratnya sekitar 9 kg, sedangkan rusa terbesar adalah moose dengan tinnggi bisa mencapai 2 meter dan berat sekitar 800kg.

5. Jerapah

jerapah afrika
Jerapah (pixabay)

Contoh hewan herbivora selanjutnya yaitu Jerapah yang sebagian besar tersebar di daratan afrika. Jerapah merupakan mamalia pemakan tumbuhan dan merupakan spesies hewean tertinggi di daratan, ciri khas jerapah yaitu memiliki leher yang panjang, tinggi jerapah dewasa bisa mencapi 5,5 meter dengan bobot hingga 1400 kg.

6. Gajah

gajah afrika
Gajah (pixabay)

Gajah adalah hewan mamalia terbesar di daratan, mereka memiliki daun telinga besar, belalai, dan gading. Gajah berkembang biak dengan cara melahirkan dan termasuk hewan herbivora, Hewan ini tersebar di daratan Afrika, Asia selatan hingga Asia tenggara. Ukuran gajah afrika bisa memiliki tinggi 4 meter dan bobot mencapai 7000 kg.

7. Kelinci

hewan herbivora adalah
Kelinci (pixabay.com)

Kelinci merupakan hewan herbivora yang banyak di budidayakan manusia. Kleinci bisa kita temukan di berbagai tempat di seluruh dunia. Dulu hewan ini merupakan hewan liar yang sebagian besar tersebar di afrika dan eropa. Tapi saat ini kelinci sudah di budidayakan di berbagai tempat, beberapa jenis kelinci sering menjadi hewan peliharaan karena imut, tapi ada juga yang di manfaatkan dagingnya sebagai bahan pangan biasanya merupakan kelinci pedaging.

Pengertian hewan herbivora adalah hewan yang makanan utamanya tumbuhan, seperti rumput dan daun pepohonan. Sebagian besar hewan herbivra hidup di daratan, dan merupakan mamalia, dan berkembang biak dengan cara melahirkan, contohnya seperti Sapi, kambing, kelinci, domba, dan sebaginya. Semoga pembahasan ini bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahaun kamu, cukup sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: