Kelompok Hewan Karnivora adalah: Pengertian dan Cirinya

Menganal kelompok hewan karnivora adalah kelompok atau jenis hewan pemakan daging, dilengkapi juga dengan beberapa contoh dan ciri-cirinya.

Perlu di ketahui bahwa banyak jenis makanan yang dimakan oleh hewan, ada yang memakan tumbuhan, buah-buahan, ada yang mekan biji-bijian, ada yang mekanan serangga, hingga ada yang makanan utamanya berupa daging.

Setiap hewan memiliki ciri khusunya masing-masing sesuai jenis makannnya misal dilihat dari bentuk mulut atau giginya, bentuk kaki, bentuk tubuh, hingga indra penciuman dan penglihtannya. Khusu kali ini kita akan membahas mengenai hewan yang makanan utamanya berupa daging.

Definisi Hewan Karnivora

Pengertian Karnivora adalah hewan yang makanan utamanya daging, hewan karnivora sebagian besar termasuk kedalam hewan buas. Hewan jenis ini pandai berburu di alam liar dan memiliki kecepatan untuk mengejar mangsanya.

Karnivora merupakan organisme hidup yang sumber makanannya berupa daging, biasanya dalam rantai makanan di alam liar kelompok hewan ini berada di puncak rantai makanan. Kata Karnivora sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata “Carne” diartikan Daging, lalu kata “Vorare” diartikan Memakan.

Ciri-Ciri Hewan Karnivora

1. Gigi yang tajam

Memiliki taring atau gigi yang tajam, jika hewan tersebut berupa unggas maka memiliki paruh yang tajam melengkung ke bawah hal tersebut berguna untuk merobek daging mangsanya.

2. Cakar yang tajam

ciri hewan karnivora selanjutnya yaitu memiliki kuku atau cakar yang tajam hal ini untuk mencengkram mangsanya saat berburu.

4. Cepat

Memiliki kecepatan lari di atas rata-rata, mereka bisa berlari cepat untuk mengejar mangsanya. Jika dalam kelompok unggas bisanya memiliki kecepatan terbang terutama saat menukik yang cepat.

5. Ada yang Memiliki racun

Dalam sebagian jenis ada yang memiliki racun, hal ini berguna untuk melemahkan mangsanya, beberapa contohnya seperti komodo, atau beberapa jenis ular.

6. Indra yang tajam

Selanjutnya Ciri Hewan karnivora adalah indra penciuman yang tajam, hingga indra pendengaran yang sangat peka. Ada juga yang memiliki penglihatan yang tajam sangat baik misalnya seperti burung elang.

7. Otot yang kuat

Hewan karnivora sebagain besar memiliki otot yang kuat, hal ini mendukung untuk berlari, hingga mencengkram mangsanya supaya tidak mudah lepas.

8. Pemuncak Rantai Makanan di alam Liar

Di alam liar jenis hewan karnivora termasuk konsumen tingkat tertinggi atau konsumen tingkat ke tiga. Mereka memuncaki rantai makanan di alam, dan menjadi pemangsa terganas.

BACA: Hewan Omnivora adalah: Ciri dan Contohnya

Jenis atau kelompok hewan karnivora

Jenis hewan karnivora juga bervariasi, ada yang karnivora sejati atau hanya makan daging, dan ada juga yang memakan buah-buahan dan kacang-kacangan.

1. Karnivora obligat

Hewan karnivora murni, sehingga sangat bergantung pada daging sebagai nutrisinya untuk bertahan hidup, sehingga sistem pencernaannya di khususkan untuk mencerna daging. Contohnya seperti hewan harimau.

2. Hypercarnivora

Hypercarnivora adalah kelompok hewan karnivora yang sebagian besar makanannya berupa daging. Sekitar hampir 70% makanannya berupa daging dan sisnya bisa memakan makanan lain seperti tumbuhan, biasanya hypervcarnivora ini di dominasi oleh hewan-hewan air.

3. Mesocarnovora

Mesocarnivora setengah dari nutrisinya dipenuhi dari makanan berupa daging, dan setengahnya lagi dipenuhi oleh makanan lain. Fisik jenis hewan mesocarnivora biasanya lebih kecil dari Obligat, Salah satu contohnya hewan rubah yang bisa mekan daging dan tumbuhan.

4. Hypokarnivora

Hypokarnivora memenuhi sekitar 30% nutrisinya dari daging, dan sisnyanya dari makanan lain sepeti tumbuhan, kacang-kacangan, hingga buah-buahan. karena jenisnya makanananya banyak atau bisa memakan segala hewan Hypokarnivora bisa di golongkan kedalam omnivora, misalnya rakun dan beruang.

Contoh Hewan Karnivora

Kelompok hewan karnivora adalah pengelompokan berdasarkan jenis hewannya

1. Mamalia

a. Harimau

harimau
harimau (pixabay)

Herimau merupakan mamalia karnivora yang buas, hewan ini termasuk kedalam jenis kucing. Habitat harimau bisanya di hutan, memiliki warna oranye dengan loreng hitam di tubuhnya. Di hutan harimau memangsa hewan lain seperti rusa, kancil, kelinci hutan, kambing hutan, dan sebagainya. Harimau juga sering di juluki si raja hutan karena merupakan hewan terbuas di habitat hutan.

b. Singa

contoh karnivora
Singa jantan (pixabay)

Masih tegolong kucing besar dan termasuk hewan buas pemakan daging murni. Bisa di temukan di habitat rumput daerah afrika, singa memiliki taring dan cakar yang tajam sama seperti harimau, singa memiliki berat badan bisa mencapai 260 kg. Biasanya singa betina yang berburu untuk mencari makan, dan hewan ini hidup berkelompok.

c. Serigala

serigala
serigala (pixabay)

Serigala merupakan hewan liar yang sebagian besar habitatnya di hutan, serigala hampir mirip seperti anjing dan umumnya mereka hidup berkelompok. Hewan ini termasuk hewan buas, berbulu agak tebal, dengan taring dan cakar yang tajam.

d. Cetah

cheetah citah
Citah (pixabay)

Cetah atau ceetah merupakan keluarga kucing yang berburu dengan menggunakan kecepatan. Citah merupakan hewan tercepat di daratan mereka bisa berlari hingga 110 hingga 120 km/jam, sama seperti singa atau harimau citah memiliki taring dan cakar yang tajam. Bedanya citah tidak berbadan gempal, mereka berbadan ramping dengan kaki agak jenjang.

BACA: Pengertian Rantai Makanan dan Contohnya

2. Reptil

a. Ular

ular piton
Ular piton albino, Tidak Berbisa ( pixabay)

Ular merupakan hewan reptil melata, di bumi ini ular banyak jenisnya muali dari yang berbisa hingga yang tidak. Sebagian besar ular berkembang biak dengan cara bertelur. Di dalam rantai makanan umumnya ular menempati konsumen tingkat dua, mereka yang memakan tikus, ikan, katak, dan sebagainya.

Ular berbisa memangsa makanannya mengguankan racun, biasanya ular ini ukurannya tidak besar dan sangat berbahaya. Ada juga ular yang tidak memiliki bisa/racun, mereka memangsa dengan cara melilit, ukuran fisiknya besar, dan memiliki lilitan yang kuat.

b. Komodo

komodo
Komodo Dragon (pixabay)

Komodo merupakan reptil kadal terbesar yang hidup saat ini, di Indonesia komodo hidup di penangkaran atau suaka yaitu pulau nusa tenggara timur tepatnya di pulau komodo. Komodo berkembang biak dengan cara bertelur dan merupakan karnivora. Hewan ini merupakan pemangsa yang ganas, air liur komodo memiliki racun, bisa berlari cepat, biasanya memakan kambing, rusa, dan sebagainya.

3. Burung / Unggas

a. Elang

karnivora adalah
Burung Elang (pixabay)

Elang merupakan salah satu burung pemangsa yang handal dengan tubuhnya berukuran besar untuk ukuran seekor burung. Elang memiliki paruh yang kuat untuk merobek daging, cakar yang tajam dan kokoh untuk menangkap mangsanya. Burung ini juga memiliki penglihatan yang sangat tajam, dalam rantai makanan alam burung elang dapat menjadi pemuncak atau konsumen tingkat tiga.

b. Burung Hantu

burung hantu
Burung Hantu (pixabay)

Burung hantu merupakan burung pemangsa yang aktif pada malam hari, mereka berburu pada malam hari dan tidur pada siang hari. Burung hantu memiliki beragam spesies, yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Ketika memangsa mereka akan terbang dengan senyap, mereka juga memiliki pendengaran yang sangat baik hingga bisa menditeksi keberadaan mangsanya hanya dengan pendengaran.

c. Hering

burung bangkai
burung bangkai (pixabay)

Hering merupakan burung pemakan daging yang dikenal banyak orang, umumnya orang mengenalnya dengan sebutan burung bangkai. Burung hering biasanya berburu dengan memangsa hewan yang sakit atau yang sedang terluka, biasanya mereka akan berkerumun dalam jumlah banyak untuk memangsa.

Bagikan Ke: