Contoh Hewan Mollusca: Pengertian dan Cirinya

Apa definisi hewan mollusca? lalu apa saja ciri-ciri dan contoh hewan mollusca yang mudah kita temukan? di sini kita akan mebahasnya secara lengkap.

Definisi Hewan Mollusca (Moluska)

Pengertian Hewan mollusca adalah hewan bertubuh lunak dan tidak memiliki tulang belakang, baik itu yang memiliki cangkang maupun yang tidak bercangkang. Hewan Mollusca ini sering disebut juga klasifikasi filum mollusca.

Filum mollusca sendiri diartikan sebagai golongan hewan tanpa tulang belakang atau Invertebrata. Kelompok hewan mollusca ini sebagian besar hidup di air terutama di laut dan ada beberapa diantaranya yang hidup di daratan.

Ukuran tubuh kelompok hewan mollusca tentunya beragam, hal ini tergantung jenis hewannya. Walaupun bentuk tubuhnya berbeda-beda tapi struktur tubuh utamanya tetap sama. Sebagian Hewan ini menggunakan kakinya untuk berjalan hingga ada juga yang digunakan untuk memangsa.

Ciri-Ciri Mollusca Secara Umum

1. Sebagian Besar Tidak Memiliki Kerangka

Sebagian besar tidak memiliki kerangka atau ruas pada bagian tubuhnya, oleh karena itu mempunyai tubuh lunak.

2. Bertubuh Lunak

Seperti yang telah di jelaskan Karena tidak memiliki kerangka maka tubuhnya lunak, dan sebagian besar memiliki lendiri. Lendir pada hewan mollusca dihasilkan dari kelenjar pada tubuhnya.

3. Ada yang Memiliki Cangkang

Ada juga jenis hewan Mollusca yang memiliki cangkang. Cangkang tersebut bisa di jadikan sebagai rumah atau tempat tinggal sekaligus tempat berlindungnya.

4. Sistem Pencernaan Lengkap

Sebagian besar hewan mollusca memiliki sitem pencernaan yang lengkap. Sistem pencernaan mulai dari mulut, lambung, usus, hingga anus. Sebagian jenisnya juga ada yang memiliki lidah dan rahang.

5. Sistem Pernapasan Beragam

Sistem pernapasannya  ada yang menggunakan insang, mantel, epidermis, hingga ada yang menggunakan paru-paru.

BACA: Echinodermata adalah: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

6 Contoh Hewan Mollusca

1. Cumi-Cumi

cumi
Cumi-cumi (netralnews)

Cumi-Cumi termasuk hewan invertebrata atau hewan tanpa tulang belakang yang hidup di laut. Cumi-cumi bentuknya menyerupai tabung, bertubuh lunak, memiliki tentakel, memiliki mantel, dan alat pergerakannya dengan kepala.

Cumi-cumi dapat menyemprotkan tinta jika dirinya merasa terancam, hewan ini juga memiliki berbagai macam jenis, ada yang ukurannya kecil hingga yang besar, total mencapai 300 jenis yang tersebar di dunia.

2. Gurita

Contoh hewan mollusca adalah Gurita
Gurita (pexels)

Contoh hewan mollusca selanjutnya yaitu Gurita yang memiliki nam ilmiah Octopoda. Hewan ini memiliki kepala lonjong, lengan 8 berupa tentakel dengan alat pengisap berupa bulatan cekung yang berguna untuk bergerak di dasar laut dan menangkap mangsa, gurita juga bertubuh lunak bahkan bisa masuk ke area sempit sekalipun seperti di karang-karang laut. Beberapa sumber menyebutkan bahwa di dunia ini terdapat 280 lebih spesies gurita.

3. Kerang Mutiara

kerang mutiara

Kerang mutiara atau memiliki nama lain Pinctada Maxima ini termasuk kedalam jenis hewan invertebrata atau hewan yang tidak memiliki tulang belakang, memiliki cangkan, dan bertubuh lunak. Kerang mutiara memiliki cangkang yang bisa buka-tutup dan habitatnya di laut dnagkal. Hewan ini sering di budiayakan karena bisa menghasilkan telur berbetuk mutiara yang berniai eknomis untuk perhiasan.

4. Sotong

contoh hewan mollusca sotong
Sotong (pixabay)

Sotong merupakan hewan laut yang berasal dari ordo Sepiida dan termasuk kelas Cephalopoda. Sotong masih satu ordo dengan cumi-cumi dan gurita. Hewan ini mempunyai 8 lengan dan dua tentakel untuk menangkap mangsanya. Umumnya sotong memiliki ukuran sekitar 20 cm hingga yang terbesar mencapai 50 cm.

Untuk ukuran hewan laun dari spesies mollusca, sotong termasuk hewan cerdas dan memiliki otak besar. Hewan ini juga memiliki tinta untuk melindungi dirinya dari predator lain dan bisa bergerak dengan cepat saat menghindari mangsanya.

Apa perbedaan sotong dan Cumi-Cumi? Sotong lebih suka berenang dengan keadaan air dengan suhu beragam, sedangkan cumi-cumi lebih suka berang di air dengan suhu dingin. Lalu sotong memiliki sirib menyerupai kipas di kedua sisi, sedangkan cumi-cumi tidak memilikinya.

BACA: Contoh Hewan Arthropoda adalah: Pengertian dan Cirinya

5. Siput

contoh hewan mollusca adalah siput
Siput kebub (pexels)

Siput merupakan hewan yang melata, meraka bisa dikatakan hewan invertebrata bertubuh lunak bergerak dengan perut. Siput ada yang memiliki cangkang dan ada juga yang tidak, mereka mengeluarkan belendir. Hidup ada yang hisup di darat, biasanya di temapat lembab, ada yang hidup di air tawar, hingga di laut sekalipun.

6. Chiton

Chiton

Chiton merupakan hewan kelas Polyplacophora, dan termasuk Mollusca yang habitanya di laut dangkal. Hewan ini berbentuk oval berukuran kecil, pada bagian atas tubuhnya terdapat 8 lempengan mengandung kapur, kakinya lebar datar, dan bisa menempel di bebatuan laut.

Bagikan Ke: