Insektivora adalah: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

Seputar pengertian insektivora adalah suatu istilah untuk mengelompokan makhluk hidup berdasarkan jenis makanan utamanya, disini juga akan membahas ciri-cirinya dan beberapa contohnya yang mudah kamu ketahui.

Pengertian Hewan Insektivora

Insektivora adalah hewan pemakan serangga. Hewan ini populasinya tersebar di berbagai tempat, mulai dari perairan, hutan, daerah lembab, hingga kering sekalipun.

Serangga sendiri merupakan jenis hewan kecil yang jumlahnya paling banyak di bumi, maka tak heran banyak makhluk hidup yang makanannya sangat bergantung kepada keberadaan serangga. Beberapa sumber juga menyebutkan jumlah serangga lebih banyak daripada manusia di bumi.

Selain hewan ada juga beberapa jenis tumbuhan yang dapat memakan serangga, biasanya tumbuhan insektivora akan memiliki bau tertentu untuk menarik perhatian serangga.

Ciri-ciri Insektivora

1. Umumnya Bertubuh kecil

Ciri hewan insektivora yaitu bertubuh kecil, artinya tidak besar seperti hewan herbivora atau karnivora. Tapi ada juga yang bertubuh agak besar seperti tenggiling.

BACA: Hewan Herbivora adalah: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

2. Umunya Memiliki Bulu Halus atau Duri yang Melindungi Tubuh

Sebagian ada yang memiliki kulit tipis dan halus, ada juga yang berbulu, ada yang bersisik, hingga ada yang memiliki duri di tubuhnya.

3. Kebanyakan dari Mamalia Terrestrial

Merupakan hewan mamalia yang kecil, biasanya tinggal di pohon, lubang, atau hewan amfibi yang hidup di daerah lembab.

BACA: Hewan Amfibi adalah: Ciri dan Contohnya

4. Memiliki Jari

Pada bagian kaki atau lengannya memiliki jari-jari yang mungil, biasanya ukuran kaki belakang lebih besar dari kaki depan, dan beberapa jenisnya ada yang memiliki kuku.

5. Jika Jenis Tumbuhan Memiliki Daya Tarik

Jika pada tumbuhan biasanya memiliki daya tarik seperti aromanya yang khas atau lendir yang memungkinkan menarik perhatian serangga untuk hinggap.

Contoh Hewan Insektivora

1. Bunglon

cotoh hewan insektivora bunglon
Bunglon (pixabay)

Bunglon merupakan hewan reptil yang unik, mereka memiliki penglihatan yang tajam dimana matanya bisa memutar dan memiliki lidah yang panjang untuk menangkap mangsanya. Bunglon juga memiliki kemampuan menyamar yang disebut mimikri, dia bisa merubah warna kulitnya sesuai tempatnya. Tujuan merubah warna kulitnya yaitu untuk menghindar dari berbagai ancaman.

2. Landak

pengertian insektivora adalah
Landak (pixabay)

Landak merupakan hewab insektivora yang memiliki rambut tebal berupa duri yang runcing. Jika merasa terancam hewan ini akan mengembangkan durinya, landak juga memiliki berbagai macam jenis dan beberapa diantaranya bisa di jadikan hewan peliharaan. Landaki tersebar di daratan asia, amerika, hingga afrika, landak juga sebagain besar tersebar di daerah yang beriklim tropis.

3. Katak

katak
Katak sawah (pixabay)

Banyak jenis katak yang tersebar di penjuru dunia, mulai katak yang hidup di pohon (katak pohon) hingga hidup di daerah basah dan lembab. Umunya Katak memiliki kaki belakang yang lebih besar sehingga bisa melompat, katak termasuk hewan amfibi, dan bisa hidup di darat dan di air. Sebagian besar Katak dapat menjulurkan lidahnya dengan cepat sama seperti bunglon untuk menangkap mangsanya.

4. Tenggiling

pengertian insektivora adalah
Tenggiling (pixabay)

Terenggiling atau Anteater merupakan mamalia pemakan serangga yang memiliki panjang tubuh 2 meter jika dewasa dan bobot sekitar 40 kg. Hewan ini memiliki bulu berwarna abu-abu kehitaman, ada juga jenis yang memiliki sisik keras, memiliki jari, dan memiliki kuku. Mereka di alam liar sering memakan serangga semut hingga rayap, dengan lidahnya yang silinder kecil sehingga dapat menemukan serangga di ruang kecil sekalipun.

Contoh Tumbuhan Insektivora

1. Kantong Semar

tumbuhan kantong semar
Kantong semar (pixabay)

Tumbuhan kantong semar atau dengan nama latin Tropical Pitcher Plant, memiliki kantong yang tertutup pada bagian atasnya. Kantong semar memiliki bau manis sehingga dapat menarik perhatian serangga. Ketika serangga hingga mereka akan masuk dna terjebak di dalamnya dan matik karena enzim. Di Indonesia sendiri persebaran kantong semar meliputi daerah rawa dan gamput dan setidaknya ada lebih dari 50 jenis kantong semar.

2. Sarracenia

Sarracenia
Sarracenia (pixabay)

Tumbuhan Sarracenia adalah contoh tumbuhan insektivora atau pemakan serangga selanjutnya. Bentuk tumbuhan ini memiliki corong panjang dengan bagian kelopak berwarna kemerahan pada bagian atasnya. Tumbuhan ini tersebar di Amerika serikat hingga Kanada. Sarracenia akan mengeluarkan aroma harum untuk menarik perhatian serangga, pada tepi kelopak terdapat cairan, serangga hingga dan terjatuh ke dalam corong tumbuhan ini dn tidak bisa keluar.

3. Venus Flytrap

pengertian insektivora adalah
Venus Flytrap (pixabay)

Tumbuhan Venus Flytrap adalah tumbuhan insektivora yang bagian daunnya berbu dan berengsel, lalu Pada bagian tepi daunnya memiliki duri yang menyerupai mulut. Venus Flytrap bisa menarik perhatian serangga dengan lendir pada bagian ujung daun, tumbuhan ini akan menutup daunnya secara tiba-tiba ketika ada serangga yang hinggap. Venus Flytrap memiliki ukuran kecil antara 3-5 centimeter, dan karena bentuknya yang unik banyak para kolektor tanaman menjadikannya sebagai tanaman hias.

Kesimpulan

Jadi pengertian insektivora adalah kelompok hewan yang mekanan utamanya berupa serangga. Hewan pemakan serangga sebagain besar merupakan hewan terrestrial atau hewan yang tinggal di pohon, lubang, atau amfibi seperti katak. Selain hewan ada juga tumbuhan insektivora yang menarik perhatian mangsanya dengan aroma yang khas contohnya seperti tumbuhan kantong semar.

Akhir kata itulah pembahasan yang dapat kami berikan, semoga bisa di pahami dan memberikan manfaat dalam menambah wawasan kamu, jika ada kesalahan mohon maaf, sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: