Ciri Khusus Kelelawar Sebagai Mamalia Terbang

Mengetahui ciri khusus kelelawar sebagai mamalia yang bisa terbang dan termasuk hewan yang aktif di malam hari. Setiap hewan memiliki ciri khusus misal dari segi bentuk tubuh, indra, cara beradaptasi, cara mencari makan, dan sebagainya. Termasuk hewan mamalia unik yang satu ini yang menjadi icon super hero Batman yaitu kelelawar.

Menganal Hewan Mamalia Kelelawar

Kelelawar merupakan hewan mamalia yang lengannya berbentuk sayap atau termasuk ke dalam Ordo Chiroptera dengan kedua kaki depan berkembang menjadi sayap. Bisa dikatakan hewan ini termasuk hewan yang unik karena merupakan satu-satunya mamalia yang bisa terbang (tidak melayang di udara) dan bisa mengalami hibernasi.

ciri khusus kelelawar
gambar: pxhere.com

7 Ciri Khusus Kelelawar

1. Termasuk Hewan Nokturnal

Hewan nokutrnal adalah jenis hewan yang melakukan aktivitas pada malam hari, di mana kelelawar melakukan aktivitasnya seperti mencari makan, berburu saat malam hari, dan pada siang hari mereka beristirahat. Kelelawar akan beristirahat pada siang hari, umumnya di tempat yang gelap seperti pohon rindang dan di goa-goa gelap, mereka berkelompok saat beristirahat.

2. Indra Penglihatan Yang Buruk

Ciri khusus kelelawar selanjutnya memiliki indra penglihatan yang buruk sehingga saat terbang mereka menggunakan indra pendengaran. Indra pendengaran kelelawar sangat bangus di banding penglihatannya mereka bisa mendengar bunyi dari jarak jauh dan dapat memancarkan suara ultra sonic untuk berkomunikasi dengan kelelawar lainnya. Mereka bisa menangkap gelombang suara yang tinggi hingga 20000Hz.

BACA: 15 Contoh Hewan Langka di Indonesia

3. Tidur Menggantung

Tak seperti hewan yang bisa terbang lainnya, kelelawar beristirahat atau tertidur dengan cara menggantung, dengan posisi kaki di atas bagian kepala di bawah. Cakar kelelawar kuat dan tajam sehingga bisa digunakan untuk mencengkram dinding goa atau ranting pohon saat tertidur dan biasanya mereka melipat sayapnya juga saat tertidur.

hewan kelelawar
Gambar: hippopx.com

4. Suka dengan kegelapan

Karena termasuk hewan Noktural mereka tentunya hewan ini menyukai kegelapan, hal ini karena dengan kegelapan mereka bisa menjaga suhu tubuhnya, perlu diketahui juga bahwa kulit kelelawar tipis sehingga rentan terkena sinar matahari langsung. Mereka beristirahat pada siang hari di tempat-tempat yang gelap seperti goa dan dahan pohon rindang.

5. Indra penciuman yang tajam

Selain indra pendengarannya yang tajam, kelelawar juga memiliki indra penciuman yang baik hal ini berguna untuk mendeteksi makanannya. Kelelawar memiliki berbagai macam jenis mulai dari pemakan buah hingga pemakan hewan kecil seperti serangga.

BACA: Hewan Herbivora adalah: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

6. Hewan mamalia yang bisa terbang

Ciri khusus kelelawar yang paling menonjol adalah bisa dikatakan sebagai satu-satunya hewan mamalia yang dapat terbang menggunakan sayapnya. Mereka bisa terbang menggunakan sayapnya yang lebar pada malam hari untuk mencari mangsanya. Lalu sayapnya sering digunakan untuk menutupi tubuhnya saat tidur menggelantung.

7. Dapat melakukan hibernasi musim dingin

Ciri-ciri kelelawar yang terakhir mereka dapat melakukan hibernasi terutama saat musim dingin. Ketika hibernasi, suhu tubuh mereka akan mengalami penurunan. Kelelawar bisa berhibernasi hingga tujuh bulan dan hanya satu kali bangun dalam sebulan. Mereka juga hidup berkelompok terutama saat hibernasi musim dingin.

Bagikan Ke: