Danau dan Laguna: Pengertian, Jenis dan Perbedaan

Danau adalah perairan yang terletak pada suatu cekungan dimana jumlah air yang masuk ke dalam cekungan melebihi jumlah air yang dikeluarkan. Danau dapat terbentuk dari glasiasi, vulkanisme, aktivitas tektonik, dan akibat tanah longsor yang membendung sungai, serta cara pembentukan lainnya.

Laguna adalah perairan yang berbatasan dengan lautan atau perairan besar lainnya. Ada laguna pesisir dan laguna atol. Laguna atol terbentuk di tengah lingkaran pulau karang. Laguna sebagian besar dapat berupa air asin atau air tawar.

Dalam artikel ini kita akan mengupas pengertian, jenis dan perbedaan antara danau dan laguna.

Pengertian Danau

Danau adalah suatu perairan yang biasanya tidak memiliki daratan dan berada di tempat dimana laju pengosongan air ke dalam cekungan lebih besar daripada laju pengurasan air.

Ukuran danau sangat bervariasi dan dapat berupa air tawar atau air asin. Danau dapat diklasifikasikan berdasarkan umur dan cara pembentukannya

Jenis-Jenis Danau

Danau dapat terbentuk akibat glasiasi, vulkanisme, tektonik, dan bahkan tanah longsor. Danau juga bisa tercipta karena aktivitas manusia dan hewan lainnya. Berikut ini adalah beberapa jenis danau yang paling umum.

Danau gletser

Danau gletser terbentuk saat gletser bergerak melintasi lanskap dan menciptakan fitur yang dapat terisi air. Contoh danau gletser termasuk Danau Agassiz yang sekarang sudah punah di Amerika Utara, yang ada antara sekitar 11.700 tahun yang lalu hingga 7.500 tahun yang lalu.

Danau Agassiz mencakup wilayah yang, pada titik berbeda dalam evolusinya, mencakup sebagian negara bagian Dakota Utara dan Minnesota di Amerika serta provinsi Manitoba, Ontario, dan Saskatchewan di Kanada, meskipun tidak semuanya sekaligus.

Contoh lainnya adalah wilayah Great Lakes antara Kanada bagian tenggara dan Amerika Serikat bagian timur laut.

Danau vulkanik

Danau juga bisa terbentuk dari runtuhnya struktur vulkanik. Beberapa danau akan terbentuk ketika ruang magma kosong runtuh, meninggalkan cekungan seperti kawah yang disebut kaldera.

Kaldera dapat terisi air seiring berjalannya waktu karena curah hujan, sehingga mengakibatkan perairan terkurung di daratan. Danau kawah vulkanik banyak ditemukan di daerah vulkanik yang aktif, seperti pantai Pasifik barat laut Amerika Serikat.

Danau vulkanik juga dapat terbentuk dalam tabung lava yang runtuh dimana atap saluran lava telah runtuh, sehingga menciptakan cekungan yang dapat diisi air.

Cekungan danau tektonik

Cekungan danau juga bisa terbentuk dari graben yang tercipta akibat patahan. Cekungan tektonik ini dapat terisi air sehingga menimbulkan danau.

Danau yang tercipta akibat tanah longsor

Beberapa danau akan terbentuk ketika tanah longsor di lembah sungai menghalangi aliran sungai sehingga menimbulkan bendungan alami. Tergantung pada dinamika sungai, bendungan ini mungkin tersapu dalam waktu singkat secara geologis, atau mungkin menjadi permanen.

Danau yang diciptakan secara budaya

Danau juga dapat diciptakan oleh manusia yang membangun bendungan buatan untuk membuat waduk, atau untuk menyediakan pembangkit listrik tenaga air. Banyak danau kecil juga tercipta oleh bendungan berang-berang.

Danau memiliki umur dan akan berubah dalam urutan evolusi yang ditentukan oleh faktor-faktor yang mencakup namun tidak terbatas pada tingkat oksigen, pertumbuhan tanaman vaskular, dan pertumbuhan plankton.

Danau dengan tingkat oksigen terlarut yang tinggi dan tingkat pertumbuhan tanaman vaskular serta plankton yang rendah dianggap oligotrofik, atau danau muda. Danau dengan tingkat oksigen terlarut yang rendah, tingkat pertumbuhan tanaman vaskular yang tinggi, dan tingkat pertumbuhan plankton yang tinggi dianggap eutrofik, atau danau tua.

Danau yang berada di antara oligotrofik dan eutrofik disebut mesotrofik dan dianggap sebagai danau “paruh baya”.

Pengertian Laguna

Laguna adalah perairan yang terhubung dengan perairan yang lebih besar. Dua jenis laguna utama adalah laguna pesisir dan laguna atol.

Laguna pesisir berbatasan dengan laut atau perairan besar lainnya dan biasanya terhubung ke perairan yang lebih besar melalui sebuah saluran masuk. Laguna ini biasanya lebih dangkal dibandingkan laguna atol dan dipisahkan dari lautan oleh penghalang, seperti terumbu karang atau tepian pasir.

Laguna atol terbentuk dari pulau-pulau yang terendam dan terkikis, dimana perairan yang relatif dalam kini dikelilingi oleh cincin pulau-pulau karang yang tumbuh dari pulau asli yang tenggelam. Pembentukan atol membutuhkan waktu hingga 300.000 tahun.

Apakah laguna air tawar atau air asin?

Laguna sebagian besar terdiri dari air tawar, sebagian besar air asin, atau di antara keduanya. Laguna yang cukup terlindung dari lautan akan memiliki lebih banyak ekosistem air tawar. Laguna yang lebih terbuka ke laut, atau perairan asin besar lainnya, akan lebih payau dan memiliki lebih banyak ekosistem air asin.

Apakah laguna adalah kolam?

Kolam adalah perairan yang terkurung daratan dan biasanya lebih kecil dari danau. Karena beberapa laguna juga disebut danau, ada kemungkinan bahwa laguna dapat dianggap sebagai kolam jika laguna tersebut cukup kecil dan cukup terlindung dari laut.

Apakah laguna berbahaya?

Laguna dapat terkontaminasi oleh racun. Lahan tersebut juga dapat menampung daerah berawa yang mungkin terdapat nyamuk pembawa penyakit.

Laguna terbesar di dunia adalah laguna atol Kwajalein di Kepulauan Marshall yang dikelilingi oleh 90 pulau kecil memiliki luas 1.722 kilometer persegi.

Perbedaan danau dan laguna

Meskipun danau dan laguna serupa, keduanya juga mempunyai perbedaan penting. Ini termasuk yang berikut ini.

  1. Danau biasanya terkurung di daratan dan sepenuhnya terpisah dari lautan dan perairan besar lainnya, sedangkan laguna selalu terhubung dengan perairan yang lebih besar.
  2. Danau biasanya diklasifikasikan sebagai danau air tawar atau danau air asin, sedangkan laguna cenderung memiliki lebih banyak campuran lingkungan air tawar dan air asin.
  3. Danau umumnya lebih dalam dibandingkan laguna.
  4. Ekosistem laguna, khususnya laguna atol, mempunyai keterkaitan erat dengan ekosistem laut, sedangkan ekosistem danau biasanya terpisah seluruhnya dari ekosistem laut.

Bagikan Ke: