Pelanggan dan Konsumen: Pengertian, Perbedaan, dan Pentingnya

Artikel ini akan mengulas pengertian pelanggan dan konsumen. Selain itu kita juga akan membahas perbedaan diantaran keduanya. Tahukah Anda fakta bahwa kita semua adalah konsumen dalam beberapa hal, tidak peduli berapa pun usia, jenis kelamin, ras, kasta, komunitas kita. Konsumen adalah pihak yang mengkonsumsi barang tersebut, yaitu pemakai barang tersebut.

Istilah ini biasanya disalahartikan dengan istilah pelanggan, yang mengacu pada orang yang membeli barang atau komoditas dan membayar harganya.

Pelanggan dan konsumen adalah dua istilah yang sering digunakan dalam dunia bisnis. Namun, masih banyak orang yang belum memahami perbedaan antara kedua istilah tersebut.

Padahal, memahami perbedaan antara pelanggan dan konsumen penting bagi pelaku bisnis untuk dapat memberikan layanan yang terbaik bagi kedua pihak tersebut.

Pengertian Pelanggan

Secara umum, pelanggan adalah individu atau organisasi yang membeli atau menggunakan produk atau jasa dari perusahaan lain. Dalam konteks bisnis, pelanggan memiliki peran yang sangat penting karena mereka merupakan sumber pendapatan utama bagi perusahaan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pelanggan adalah orang yang membeli atau menggunakan barang secara tetap. Dari definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelanggan adalah individu atau kelompok yang membeli atau menggunakan sebuah produk atau jasa secara tetap yang kemudian melakukan hubungan dengan perusahaan untuk mendapatkan suatu penawaran baru dari perusahaan.

Baca juga: Perbedaan Pelanggan dan Klien: Pahami Agar Bisnismu Sukses

Pengertian Konsumen

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Jika tujuan pembelian produk tersebut untuk dijual kembali, maka dia disebut pengecer atau pengagih.

Menurut Investopedia, konsumen adalah individu atau bisnis yang merupakan pengguna akhir (end-user) dari produk yang dibeli oleh pelanggan. Konsumen bisa juga merupakan pelanggan jika dia membeli suatu produk atau layanan untuk dia gunakan sendiri.

Perbedaan Pelanggan dan Konsumen

Perbedaan mendasar antara pelanggan dan konsumen dijelaskan di bawah ini:

  1. Orang yang membeli barang atau jasa dari penjual disebut Pelanggan. Orang yang menggunakan barang atau jasa disebut Konsumen.
  2. Pelanggan disebut juga sebagai pembeli atau klien sedangkan Konsumen adalah pengguna akhir barang.
  3. Pelanggan dapat berupa perorangan atau badan usaha, sedangkan Konsumen dapat berupa perorangan, keluarga, atau sekelompok orang.
  4. Pelanggan membayar harga produk atau layanan namun ia dapat memperolehnya kembali dari pihak lain, jika ia membelinya atas nama orang lain. Sebaliknya, Konsumen belum tentu membayar harga produk tersebut, seperti jika barang tersebut dihibahkan atau dibeli oleh orang tua dari seorang anak.
  5. Pelanggan membeli barang tersebut dengan tujuan untuk dijual kembali atau untuk menambah nilai atau untuk digunakan sendiri atau atas nama orang lain. Berbeda dengan Konsumen yang membeli suatu barang untuk tujuan konsumsi saja.

Jadi dari pembahasan diatas terlihat jelas bahwa orang yang menjadi pelanggan belum tentu menjadi konsumen dan begitu pula sebaliknya. Sekarang, menjadi pertanyaan besar bagi banyak marketing adalah kepada siapa mereka fokus pada pelanggan atau konsumen?

Perusahaan harus fokus pada keduanya karena mereka harus menjaga apa yang diminta oleh konsumen terhadap produk tersebut serta mengiklankan produk dengan baik sehingga akan menarik perhatian jutaan pelanggan secara instan karena keputusan pembelian diambil oleh konsumen. keduanya bersama-sama atau dengan tetap memperhatikan yang lain. Jadi, perusahaan harus memberikan perhatian yang sama terhadap keduanya.

Bagikan Ke: