Pengertian Family Gathering dan Manfaatnya

Pengertian Family Gathering dan Manfaatnya
Pengertian Family Gathering dan Manfaatnya

Pengertianku.net – Pada kesempatan kali ini, artikel berikut akan menyajikan informasi seputar pengertian family gathering dan manfaatnya bagi karyawan dan perusahaan.

Karyawan perusahaan setiap harinya disibukkan dengan beragam aktivitas di perusahaan tempatnya bekerja bahkan sampai lembur, di mana hal ini adalah sesuatu yang wajar dan normal di berbagai jenis perusahaan.

Pengadaan acara family gathering adalah salah satu upaya berupa apresiasi yang diberikan oleh perusahaan untuk memberikan penghargaan atas kinerja mereka dalam kurun waktu tertentu.

Family gathering merupakan salah satu kegiatan yang berguna untuk memberikan penyegaran terhadap karyawan dan diadakan oleh perusahaan.

Lantas, apa pengertian family gathering dan apa saja manfaatnya? simak terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai topik ini.

Pengertian Family Gathering

Family gathering adalah suatu kegiatan yang perusahaan selenggarakan dengan tujuan mempererat hubungan antara sesama karyawan. Umumnya, kegiatan family gathering juga memberikan kesempatan bagi keluarga karyawan yang sudah berkeluarga untuk turut mengikutsertakan anak dan istri atau suami mereka.

Perusahaan seringkali mengadakan kegiatan family gathering di luar kota dengan tujuan berwisata, meski tidak menutup kemungkinan acaranya berjalan di dalam kota.

Ada berbagai macam kegiatan family gathering yang diadakan dan biasanya acara yang berlangsung adalah kegiatan di luar ruangan, seperti outbound, live music, karaoke, tour trip, dan masih banyak lagi dengan kemasan yang seru dan asyik.

Manfaat Family Gathering

Family gathering ternyata memiliki banyak manfaat yang dirasakan oleh karyawan dan perusahaan. Ini dia beberapa manfaatnya sebagai berikut.

1. Mempererat Hubungan Antarkaryawan

Hubungan antarkaryawan baik satu tim kerja maupun satu divisi bisa saja kurang akrab. Pemicu kurang akurnya hubungan ini karena timbulnya keegoisan dan individualisme suatu tim.

Tentunya hal ini akan memberikan dampak terhadap kinerja karyawan di perusahaan apabila situasi ini terus berlanjut.

2. Membangun Tim Solid

Di dalam perusahaan, sudah umum adanya pembagian divisi yang dilakukan. Sayangnya, terkadang ketika pembagian divisi tersebut kerap memicu adanya ketidakharmonisan antardivisi sehingga inilah pentingnya adanya family gathering dalam perusahaan.

3. Refreshing

Beberapa kegiatan yang seru, menyenangkan, dan melepas rasa lelah para karyawan disediakan dalam family gathering guna memenuhi kebutuhan refreshing karyawan.

Melalui liburan berupa family gathering yang diadakan oleh perusahaan turut membantu rasa penat yang selama ini karyawan alami.

Dengan penyegaran pikiran dan suasana hati akan memunculkan rasa bahagia dan memicu semangat kerja di esok hari. Bekerja dengan semangat akan memberikan hasil kinerja maksimal bagi perusahaan.

4. Pemulihan Kondisi Perusahaan

Kondisi perusahaan yang penuh dengan konflik akan membuatnya semakin memburuk jika tidak segera dilakukan pemulihan.

Kegiatan family gathering akan mengatasi kondisi perusahaan agar tidak terlalu berlarut-larut dengan konflik yang terjadi dan akan memberikan efek penyegaran.

5. Membangun Kebersamaan Antarkaryawan

Karyawan denga kesibukan pekerjaaannya berpotensi memunculkan rasa ketidakpedulian kepada karyawan lain. Individualisme yang terjadi di dunia kerja mampu mengurangi kerja sama antarkaryawan.

Rasa kerja sama akan terbangun melalui family gathering antarkaryawan dengan pengelompokan tim sehingga karyawan menyadari pentingnya kerja sama tim.

Cukup sekian penjelasan mengenai pengertian family gathering dan manfaatnya bagi perusahaan dan karyawan yang perlu kamu ketahui.

Dengan pengetahuan seputar family gathering beserta manfaat yang dirasakan oleh antarkaryawan maupun perusahaan akan memberikan efek penyegaran agar dapat kembali bekerja dengan semangat dan hasil kinerja yang maksimal.

Semoga artikel seputar family gathering ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Bagikan Ke: