Pengertian Biografi, Ciri-ciri, Struktur, dan Jenis-jenisnya

Pengertian Biografi, Ciri-ciri, Struktur, dan Jenis-jenisnya
Pengertian Biografi, Ciri-ciri, Struktur, dan Jenis-jenisnya

Pengertianku.net – Salah satu jenis teks yang perlu kita ketahui terutama dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah teks biografi.

Biografi biasanya merupakan teks atau tulisan mengenai tokoh atau orang terkenal yang menjadi panutan bagi orang lain karena prestasi, pemikiran, karya, dan masih banyak lagi.

Apa sih yang dimaksud dengan biografi dan mengapa kita perlu untuk mengetahuinya? simak selengkapnya seputar biografi melalui artikel berikut ini.

Pengertian Biografi

Biografi merupakan teks yang berisi mengenai kisah hidup seseorang atau tokoh mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga masalah hidupnya.

Adanya teks biografi adalah supaya kisah hidup suatu tokoh dapat menjadi teladan bagi khalayak ramai.

Ciri-ciri dan Struktur Biografi

Selain pengertian biografi, kita juga perlu memahami apa saja ciri-ciri dan seperti apa struktur dari biografi. Fungsi dari ciri-ciri teks biografi adalah agar mempermudah dalam mengenalinya. Adapun ciri-ciri teks biografi adalah sebagai berikut.

1. Berisi informasi berupa fakta-fakta dari kisah tokoh yang dimaksud.

2. Memuat fakta berdasarkan pengalaman hidup tokoh dalam mengatasi masalah hidupnya hingga sukses dan menjadi teladan bagi pembaca.

3. Memiliki struktur yang jelas

4. Riwayat hidup dari tokoh tersebut ditulis oleh orang lain.

Berikut ini adalah struktur teks biografi yang bisa kamu simak:

1. Judul

Judul memuat nama tokoh dan jasa-jasa yang ia berikan.

2. Orientasi

Orientasi mengandung pengenalan tokoh dan gambaran awal dari tokoh yang dijadikan cerita.

3. Peristiwa atau Masalah

Bagian ini berisikan beragam masalah yang sang tokoh hadapi selama hidup. Selain itu, peristiwa atau masalah juga memuat hal menarik, mengharukan, dan mengesankan dari tokoh tersebut.

4. Reorientasi

Reorientasi ialah bagian akhir dari biografi yang berisi kata-kata mutiara atau movitasi dari sang tokoh yang kisahnya dijadikan biografi.

Jenis-jenis Biografi

Terdapat beberapa jenis biografi yang terbagi ke dalam kategori-kategori tertentu. Ragam biografi ini sesuai dengan tujuan dari penulis dalam menyampaikan kisah sang tokoh ke dalam tulisannya. Berikut ini adalah jenis-jenis biografi.

1. Berdasarkan Pembahasan

Biografi terbagi ke dalam tiga macam berdasarkan pembahasan, yaitu politik, intelektual, dan jurnalistik. Titik fokus masing-masing biografi berbeda yang membuat arah tulisannya berfokus pada salah satu pembahasan.

Sesuai dengan namanya, biografi berdasarkan politik dan intelektual memakai sudut pandang tersebut dan memerlukan riset saat menulisnya serta memiliki tujuan tertentu.

Sementara itu, biografi jurnalistik diperoleh dari hasil wawancara kepada tokoh secara langsung maupun melalui perantara dari orang terkait.

2. Berdasarkan Penerbit

Ada dua jenis biografi berdasarkan penerbit, yaitu sendiri dan subsidi. Kedua biografi memiliki cara penerbitan yang berbeda, di mana biografi sendiri dilakukan dengan mengurus setiap hal mulai dari penulisan hingga tahap pencetakan dan distribusi secara mandiri dengan tujuan memperoleh atensi atau perhatian masyarakat sebagai konsumen atau pembeli.

Biografi subsidi adalah teks atau buku yang bersifat komersial dan terdapat penanggung jawab khusus juga tidak berorientasi pada populernya tokoh di tengah masyarakat.

3. Berdasarkan Isi

Dua macam biografi berdasarkan isi adalah perjalanan hidup tokoh yang bermakna dan perjalanan karier yang dianggap mampu memberikan motivasi. Kedua jenis biografi sama-sama memberikan tujuan untuk menyampaikan kisah tokoh.

Biografi perjalanan hidup mengisahkan secara detail dari kelahiran hingga kematian tokoh yang dimaksud dengan menitikberatkan pada hal-hal yang berkesan.

Lalu, untuk biografi karier sudah pasti berfokus pada karier tokoh dari awal hingga meraih keberhasilan seperti yang dirasakan pada posisi saat ini.

4. Berdasarkan Sisi Penulis

Terakhir, ada biografi berdasarkan sisi penulis yang terdiri dari dua macam, yakni autobiografi dan biografi. Keduanya memiliki perbedaan utama dari sisi siapa yang menulis riwayat hidup.

Mengapa demikian? karena siapa pun dapat menuliskan kisah hidup baik diri sendiri maupun orang lain.

Autobiografi yaitu teks riwayat hidup dengan penulisnya adalah diri sendiri, sementara biografi merupakan tulisan yang mencakup kehidupan orang lain yang ditulis oleh pengarang atau bukan pemilik kisah secara langsung.

Dengan mengetahui pengertian biografi secara lengkap dan jelas beserta ciri-ciri, struktur, dan jenis-jenisnya, kita jadi tahu informasi-informasi yang tepat seputar tulisan tersebut dan membantu seseorang yang memiliki profesi menulis kisah hidup seseorang atau tokoh tertentu. Cukup sekian penjelasan mengenai biografi dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Bagikan Ke: