Inilah Pengertian Pangsa Pasar Terlengkap

Memahami seputar definisi atau pengertian pangsa pasar dan seberapa pentingnya sebagai indikator kinerja suatu perusahaan – Apakah yang dimaksud dengan pangsa pasar? kali ini kita akan mempelajari mengenai definisi pangsa pasar, artikelnya dapat kamu baca dan pahami di bagian bawah ini.

A. Apa Pengertian Pangsa Pasar?

Pangsa pasar adalah (market segment) bagian dari keseluruhan permintaan suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen menurut ciri khasnya, seperti dari tingkat pendapatan, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan juga status sosial.

Market share ialah bagian pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dan seluruh potensi jual, biasanya dinyatakan dalam persentase. Atau Pangsa pasar (market share) adalah persentase total dari penjualan suatu perusahaan (dari seluruh sumber) dengan total penjualan jasa ataupun produk dalam industri.

pengertian pangsa pasar
sumber: pixabay.com

B. Seberapa Penting Pangsa Pasar?

Pangsa pasar merupakan bagian dari pasar yang dapat dicapai oleh perusahaan. Pangsa pasar dapat menjadi salah satu dari indikator meningkatnya kinerja pemasaran suatu perusahaan. Seperti misalnya sebuah perusahaan pada tahun 2007 mempunyai target pangsa pasarnya sebesar 13% dengan biaya promosi sebesar Rp. 35 juta untuk membantu mencapai targetnya tersebut, lalu pangsa pasar yang dicapainya mencapai 14%, maka hal tersebut menandakan kinerja dari perusahaan yang baik.

Baca Juga: Pengertian Segmentasi Pasar.

Jika pada tahun 2007 tersebut pangsa pasar yang dicapainya hanya sebesar 12% saja, maka itu menunjukan kinerja pemasaran yang kurang baik sebab perusahaan menghadapi masalah efesiensi dan masalah efektivitas. Terdapat beberapa faktor yang dapat ditelusuri dalam mengkaji masalah perusahaan yang tidak dapat mencapai target pangsa pasarnya yaitu target pangsa pasar yang terlalu tinggi, munculnya pesaing yang baru, menurunnya daya saing perusahaan, ataupun kegiatan promosi yang tidak bisa mencapai sasaran.

Akhir kata…, itulah pembahasan tentang definisi atau pengertian pangsa pasar, bagaimana apakah sekarang kamu sudah mengerti apa itu pangsa pasar? semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu, jika ditemukan kesalahan dalam pembahasan ini mohon maaf, cukup sekian dan terimaksih telah membacanya.

Bagikan Ke: