Memahami Pengertian Berfikir Kritis Dan Manfaatnya Secara Umum

Berikut ini pengertian berfikir kritis, manfaatnya, ciri-cirinya dan caranya secara umum. Saat ini di era globalisasi yang semuanya serba cepat, kita sebagai manusia makhluk yang berakal tentunya dituntut untuk selalu berfikir kritis baik itu dalam menerima informasi maupun saat menyelesaikan permasalahan.

Apa lagi saat ini informasi dapat tersebar dan sampai ke kita dengan sangat cepat, tapi perlu kita ketahui apakah informasi yang diterima itu sudah relevan atau belum, maka disinilah diperlukan sikap selalu berfikir kritis. Jadi jika ada informasi yang belum diketahui kebenarannya jangan langsung kita terima begitu saja apalagi langsung dipercayai. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang arti dan cara berfikir kritis, berikt ini pembahasannya.

A. Apa Yang Dimaksud Berfikir Kritis?

Pengertian berfikir kritis adalah kemampuan berfikir yang kompleks dengan menggunakan proses analisis dan evaluasi terhadap suatu informasi yang diterima maupun dalam menyelesaikan permasalahan. Atau arti berfikir kritis ialah berfikir untuk mencari kebenaran terhadap informasi yang diterima atau dalam menyelesaikan masalah, cara berfikir kritis yaitu berfikir secara tenang, jangan emosi, dahulukan logika, pahami permasalahan, lakukan analisis, dan evaluasi hasilnya, barulah ambil keputusan atau tindakan.

pengertian berfikir kritis
gambar: maxpixel.net

Berfikir kritis dapat dikatakan sebagi proses suatu mental yang sudah teroganisir untuk melakukan analisa dan mengevaluasi suatu informasi, proses mental tersebut bisa berupa cara memperhatikan, mengkategorikan, mengambil kesimpulan ataupun keputusan. Informasi yang diterima saat berfikir kritis bisa di dapatkan dari hasil pengalaman, pengamatan ataupun dari komunikasi dengan orang lain yang memberi informasi. Dengan berfikir kritis jadi kita tidak mudah percaya dengan Informasi yang diterima, sehingga kita melakukan analisis terlebih dahulu untuk mengetahui kebenaran informasi tersebut. >>Baca Juga: Pengertian Karakter dan Pendidikan Karakter

B. Ciri-Ciri Berfikir Kritis

Berikut ini beberapa ciri dalam berfikir kritis, diantaranya seperti:

a. Kemampuan dalam mengidentifikasi

Yaitu mengumpulkan lalu menyusun informasi yang memang dibutuhkan untuk di analisis. Lalu menentukan pikiran utama dari informasi yang telah di kumpulkan, sehingga dapat mengetahui dan menjelaskan sebab maupun akibat dari kesimpulan yang di dapatkan.

b. Kemampuan dalam mengevaluasi

Yaitu proses yang dilakukan untuk menentukan suatu nilai terhadap informasi. Dengan menlakukan evaluasi maka kita dapat mengatahui informasi tersebut benar atau tidak,

c. Kemampuan dalam memberikan pendapat

Yaitu memberikan pendapat yang benar-benar logis atau alasan yang bisa di terima oleh akal sehat dan susuai logika, dapat menunjukan fakta yang mendukung pendapat yang dikeluarkan, sehingga mampu memberikan ide atau gagasan yang berkualitas.

d. Kemampuan dalam menyimpulkan

Yaitu memberikan pendapat terhadap uraian informasi yang di dapatkan. Sehingga bisa menunjukan pernyataan mana yang benar dan salah, dapat membedakan antara mana fakta maupun nilai dari suatu informasi, dan dapat membuat solusi.

C. Manfaat Berfikir Kritis

Berfikir kritis dapat memberikan banyak keuntungan bagi diri kita maupun bagi orang lain. Seperti dapat menyelesaikan masalah secara lebih cepat dan bijak. Lalu keuntungan lain yang bisa di dapatkan misalnya seperti:

a. Mudah dalam memahami sudut pandang orang lain

Dapat dengan mudah memahami sudut pandang orang lain mengenai suatu permasalahan atau informasi. Karena orang yang berfikir secara kritis akan melakukan analisi terhadap sudut pandang orang lain sehingga tidak terpatok pada pemikiran diri sendiri saja.

b. Memiliki banyak alternatif jawaban dan ide yang kreatif

Dengan berfikir secara kritis kita akan memiliki berbagai macam jawaban ataupun ide yang kreatif untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Karena permasalahan tersebut akan di analisis dan di evaluasi terlebih dahulu sebelum mengembil keputusan. Saat mengevaluasi akan di temukan berbagai jawaban dan ide untuk menyelesaikan masalah yang ada.

c. Dapat menjadi rekan kerja yang baik dan dapat diandalkan

Terutama dalam melalukan perkerjaan yang selalu terdapat permasalahan, kita akan di andalkan jika selalu berfikir secara kritis. Berfikir kritis dapat membentu rekan kerja kita terutama dalam menyelesaikan tugas pekerjaan, terutama membantu perusahaan kita juga.

d. Lebih mandiri menghadapi permasalahan

Jika sudah terbiasa berfikir kritis kita akan lebih mandiri teruama dalam menghadapi permasalahan, maupun saat menerima berbagai macam informasi yang belum diketahui kebenarannya. Jadi tidak banyak mengandalkan orang lain saat menghadapi permasalahan.

e. Dapat menemukan banyak peluang baru

Dapat menemukan berbagai macam peluang baru jika terbiasa berfikir kritis karena fikiran akan lebih tajam melihat , menganalisa keadaan atau permasalahan sehingga dapat menghasilkan ide yang kreatif. Misalnya untuk mencari peluang usaha kita akan melakukan analisis tentang “peluang bisnis apa yang menguntungkan saat ini” lalu  setelah di analisis, di lakukan evaluasi dan mengambil keputusan. >>Pahami Juga Tentang: Pengertian Peluang Usaha dan Contohnya

D. Kesimpulan

Jadi pengertian berfikir kritis yaitu kemampuan berfikir yang kompleks dengan menggunakan proses analisis dan evaluasi terhadap suatu informasi yang diterima maupun dalam menyelesaikan permasalahan.

Cara berfikir Kritis misalnya seperti: berfikir secara tenang, jangan emosi, dahulukan logika, pahami permasalahan, lakukan analisis, dan evaluasi hasilnya, barulah ambil keputusan atau tindakan.

Manfaat berfikir kritis misalnya: 1) Mudah memahami sudut pandang orang lain. 2) Memiliki banyak alternatif jawaban dan ide kreatif. 3) Dapat Menjadi rekan kerja yang baik. 4) Menemukan peluang baru.

Itulah pembahasan tentang arti berfikir kritis, semoga dapat kamu pahami dan dapat memberikan manfaat, jika ada kesalahan mohon maaf. Sekian dan terimakasih banyak.

Bagikan Ke: