Wawasan Nusantara dilengkapi Pengertian, Tujuan, Unsur, Fungsi, Kedudukan, Aspeknya dan Implementasinya Terlengkap

Inilah pengertian wawasan nusantara yang dilengkapi tujuan, fungsi, unsur-unsur, kedudukan, dan implementasinya – Setiap penduduk Indonesia tentunya harus mengetahui memahami wawasan nasionalya, karena hal ini penting sebagai pola fikir maupun tindakan dalam berbangsa dan bernegara dengan begitu tujuan bersama dapat tercapai, berikut ini penjelasan lengkapnya:

A. Penjelasan

Cara pandang suatu bangsa mengenai tanah airnya dan lingkungan akan menghasilkan wawasan nasional lalu menjadi visi bangsa tersebut dalam mencapai tujuannya. Tapi perlu di ketahui, tidak semua bangsa mempunyai wawasan nasional.

Istilah “Wawasan” dapat diartikan sebagai pandangan, tujuan, atau penglihatan indrawi, atau disebut juga sebagai cara pandang dan cara melihat. Sedangkan “Nusantara” dapat diartikan sebagai kesatuan kepulauan yang terletak diantara benua asia dan Australia, serta diantara dua samudra yaitu samudra Hindia dan pasifik. Jika berdasarkan definisi modern “Nusantara” dapat diartikan sebagai nama lain dari Indonesia.

Wawasan Nusantara sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia, merumuskan wilayah negara Indonesia diantaranya terdiri dari darat, laut dan udara serta di pandang sebagai ruang hidup yang satu / utuh. Hal ini dibangun berdasarkan pandangan geopolitik bangsa, jadi wawasan nusantara merupakan penerapan dari teori geopolitik bangsa Indonesia.

pengertian wawasan nusantara
sumber gambar: kumparan.com

Dari uraian di atas jadi yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara adalah cara pandang maupun sikap bangsa Indonesia meliputi dirinya dan bentuk geografi berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Secara umum dalam implementasinya mengutamakan kesatuan wilayah negara Indonesia dan menghargai keanekaragaman dalam mencapai tujuan Nasional. Tujuan wawasan nusantara yang paling utama yaitu mewujudkan persatuan dan kesatuan semua kehidupan nasional, serta menciptakan ketertiban maupun perdamaian.

B. Unsur-Unsur Wawasan Nusantara

Berikut ini yang menjadi unsur wawasan nusantara, diantaranya:

a. Wadah

1. Wujud Wilayah

Indonesia terletak di Asia Tenggara, beriklim Tropis, Letak geografisnya berada diantara dua benua yaitu benua Asia dan Australia, serta berada diantara dua samudra yaitu samudra Pasifik dan Hindia. Lalu letak astronomisnya 6°LU – 11°LS & 95°BT – 141°BT. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17000 lebih pulau, adapun 5 Pulau besar diantaranya Jawa, sumatra, kalimantan, sulawesi, dan papua.

Ruang lingkup wilayah nusantara ditentukan oleh lautan yang di dalamnya terdapat ribuan pulau yang saling terhubung oleh perairan. Maka Nusantara dibatasi oleh lautan dan daratan serta dihubungkan oleh perairan didalamnya.

Bangsa Indonesia memiliki organisasi yang menjadi wadah untuk kegiatan kenegaraan, organisasi tersebut berwujud Suprastruktur Politik. Arti sederhana Suprastruktur Politik yaitu struktur politik pemerintahan yang berhubungan dengan lembaga negara, dan hubungan kekuasaan antara lembaga. Sedangkan wadah dalam kehidupan masyarakat terdapat lembaga-lembaga yang wujudnya infrastruktur politik.

2. Tata Inti Organisasi

Tata inti organisasi negara Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 yang didalamnya menyangkut bentuk maupun kedaulatan negara, kekuasaan pemerintahan, sistem pemerintahan serta sistem perwakilannya. Indonesia merupakan negara kesatuan yang bentuknya Republik dan kedaulatan berada di tangan rakyat, yang sepenuhnya dilaksanakan oleh lembaga MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat). Sedangkan sistem pemerintahannya Presidensial, presiden memegang kekuasaan berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 dan Indonesia merupakan negara Hukum. >>Baca Juga Tentang: Pengertian Sistem Pemerintahan Presidensial Dan Ciri-Cirinya

3. Tata Kelengkapan Organisasi

Merupakan kesadaran berpolitik maupun bernegara yang harus dimiliki setiap rakyat diantaranya mencakup partai politik, golongan, organisasi masyarakat, seluruh aparatur negara, maupun kalangan lainnya. Yang dapat diwujudkan dengan demokrasi yang secara konstitusional berdasarkan UUD 1945 dan secara ideal berdasarkan dengan dasar filsafat Pancasila.

b. Isi

Bagian Isi merupakan aspirasi bangsa yang tujuannya mencapai tataan kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang ideal. Maka untuk mencapai tujuan dan cita-cita nasional seperti yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945, bangsa Indonesia harus mampu menciptakan persatuan dan kesatuan dalam keragaman di kehidupan bermasyarakat.

a. Tata Laku

Merupakan pertemuan antara Unsur wadah dan Unsur Isi, yang terdiri dari tata laku Batiniah dan Lahiriah. Tata laku Batiniah menunjukan jiwa, semangat, maupun mentalitas yang baik dari bangsa Indonesia. Lalu tata laku Lahiriah menunjukan kekuatan yang utuh diantaranya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian. Dari dua hal tersebut maka dapat menunjukan Identitas kepribadian bangsa Indonesia yang selalu mementingkan kekeluargaan dan kebersamaan sehingga memiliki rasa bangga maupun rasa cinta kepada tanah air, sehingga timbulah suatu rasa bangga yang disebut Nasionalisme.

C. Fungsi Wawasan Nusantara

Berikut ini fungsi wawasan nusantara, diantaranya:

  1. Sebagai pedoman, motivasi dan rambu-rambu untuk pemerintah dalam menentukan berbagai kebijakan atau keputusan dalam politik internasional.
  2. Sebagai konsep ketahanan nasional, dijadikan sebagai konsep pembangunan, pertahanan keamanan dan wilayah secara nasional.
  3. Wawasan dalam pembangunan mencangkup kesatuan: politik, ekonomi, sosial dan ekonomi, sosial dan politik, serta ketahanan dan keamanan nasional.
  4. Sebagai wawasan prtahanan dan keamanan nasional yaitu cara pandang geopolitik Indonesia dalam suatu kesatuan yang meliputi seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara Indonesia.
  5. Wawasan wilayah yang berfungsi sebagai pengetahuan batasan wilayah negara, sehingga terhindar dari sengketa wilayah dengan negara lain.

D. Kedudukan Wawasan Nusantara

a. Sebagai wawasan nasional bagi bangsa Indonesia dan menjadi ajaran yang diyakini akan kebenarannya oleh seluruh rakyat, hal ini berguna untuk menghindari kesalahpahaman dan penyimpangan dalam upaya mencapai tujuan nasional.

b. Adapun Nawasan Nusantara dalam paradigma nasional:

  1. Pancasila yang menjadi falsafah, ideologi bangsa Indonesia dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegra bagi seluruh rakyat Indonesia.
  2. UUD 1945 menjadi landasan konstitusi negara Indonesia.
  3. Ketahanan nasional sebagai kebijakan maupun konsep nasional.
  4. Menjadi Visi Nasional.

E. Aspek yang Melatarbelakangi Wawasan Nusantara

a. Aspek Falsafah Pancasila

Pncasila merupakan dasar negara Republik Indonesia, didalamnya terdapat nilai-nilai yang menjadi dasar acuan wawasan nusantara seperti Hak asasi manusia, mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau kelompok, musyawarah untuk mencapai mufakat, dll.

b. Aspek Sejarah

Terbentuknya negara Indonesia melalui proses yang sulit dan cukup panjang, seperti merebut kemerdekaan dari penjajah. Sehingga kemerdekaan Indonesia harus dipertahankan salah satunya dengan menjaga keutuhan wilayahnya, dan tugas ini mejadi tanggung jawab seluruh bangsa Indonesia.

c. Aspek Wilayah

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam, dan juga kaya akan keberagaman suku, adat, dan budaya. >>Baca Juga Tentang: Pengertian Sumber Daya Alam

d. Aspek Sosial dan Budaya

Selain keadaan alam yang beragam, Indonesia memiliki ragam suku bangsa, adat budaya, dan agama, karena banyaknya keragaman tersebut rawan terjadi konflik dan berpotensi menimbulkan perpecahan, oleh sebab itu setiap masyarakat harus memahami Wawasan Nusantara dan menjadikannya sebagai pegangan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga persatuan, kesatuan maupun kedamaian tetap terjaga.

F. Implementasi Wawasan nusantara

Penerapannya harus terlihat dari cara pola fikir, sikap, dan tindakan-tindakan yang selalu mementingkan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi. Artinya harus menjadi pola yang menjadi dasar cara berfikir, bersikap maupun bertindak dalam menghadapi segala persoalan yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsan dan bernegara. Sehingga menggambarkan sikap, prilaku, dan semangat kebangsaan yang tinggi atau dikenal dengan Nasionalisme yang menjadi jati diri bangsa Indonesia.

Itulah tulisan yang membahas tentang pengertian wawasan nusantara, semoga dapat kamu pahami, jika terdapat kesalahan mohon di maafkan, sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: