Pengertian Negara Maju, Ciri-Cirinya, dan Contohnya di Setiap Benua

Pahami tentang pengertian negara maju, ciri-cirinya dan contohnya. Apa kamu pernah mendengar istilah “Negara Maju”? Istiah ini sering disebut dalam dunia perekonomian dan dunia politik untuk menyebut negara-negara dengan tingkat standar kehidupan yang tinggi dengan perekonomian yang merata. Maka oleh sebab itu bagi kamu yang ingin mempelajarinya lebih jelas, baca penjelasannya secara lengkap di bawah ini.

A. Apa Pengertian Negara Maju?

Yang dimaksud dengan Negara Maju adalah sebutan bagi negara-negara yang memiliki standar hidup relatif tinggi, dengan ekonomi yang merata, dan teknologi yang maju. Atau Negara maju dapat di artikan sebagai negara yang tingkat kualitas hidup masyarakatnya memiliki kesejahteraan hidup yang tinggi, baik itu dari segi perekonomian yang merata maupun teknologi yang maju. Negara dengan GDP (Gross Domestic Product) per kapita cukup tinggi dapat disebut sebagai Negara Maju. Negara yang memiliki GDP per kapita tinggi, tetapi tidak mengembangkan dan memiliki perindustrian yang beragam tidak bisa di sebut sebagai Negara Maju.

Selain sebutan Negara maju, ada juga sebutan Negara Berkembang. Negara berkembang merupakan sebutan bagi negara-negara yang pendapatannya per kapita-nya rendah, sehingga perekonomiannya belum merata, dengan infrastruktur yang belum merata dan perkembangan sumber daya manusia yang masih kurang atau tertinggal. Keberhasilan pembangunan di suatu negara dapat dijadikan acuan untuk menentukan suatu negara dikatakan maju atau masih berkembang. Negara yang sudah berhasil dalam pembangunan sering disebut dengan negara maju, sedangkan negara yang masih sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan disebut dengan negara berkembang.

pengertian negara maju
Gambar: pixabay.com

Beberapa indikator yang dapat menilai suatu Negara sudah bisa di sebut Maju atau masih Berkembang, misalnya pada Pendapatan per kapita yang merupakan indikator penting dalam mengukur kesejahteraaan rakyat pada suatu Negara. Karena suatu negara dapat di katakana telah makmur jika pendapatan perkapitanya tinggi. Lalu dari angka jumlah penduduk miskin, karena tingkat kesejahteraan suatu negara dapat dilihat dati tingkat angka kemiskinan penduduknya juga, semakin rendah angka kemiskinan maka Negara tersebut dapat di katakana maju. >>Baca juga: Pengertian Negara dan Unsurnya

B. Faktor-Faktor yang memepengaruhi suatu Negara dikatakan telah Maju

 1. Faktor ekonomi

merupakan faktor yang sangat penting terutama pendapatan per kapita suatu Negara. Jika pendapatan per kapita-nya tinggi maka Negara tersebut dapat digolongkan sebagai Negara maju.

2. Faktor SDM (Sumber Daya Manusia)

Merupakan faktor yang berkaitan dengan kondisi penduduk pada suatu Negara misalnya seperti tingkat pendidikan, penguasaan terhadap IPTEK, laju pertumbuhan, keragaman suku, tingkat produktifitas, ketergantungan pada produksi pertanian dan industry, dan lain-lain. Misalnya rata-rata pendidikan penduduknya tinggi, dan tingkat penguasaan IPTEK yang tinggi juga akan mempengaruhi Majunya suatu Negara.

3. Faktor SDA (Sumber Daya Alam)

Merupakan faktor yang berkaitan dengan lingkungan suatu negra, baik itu secara geologis, geografis, dll. Jika SDA suatu negra melimpah dan dapat di manfaat kan secara baik maka akan mendapatkan keuntungan bagi Negara tersebut dan akan mempengaruhi perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat.

4. Faktor Stabilitas Politik

Merupakan keadaan politik pada suatu Negara, keadaan politik yang baik akan mempengaruhi keadaan ekonomi supaya  tetap stabil. Oleh karena itu di negara-negara yang maju maka keadaan politiknya stabil dan keamanannya akan tetap terjaga.

5. Faktor Keamanan

Merupakan faktor yang dapat menentukan suatu Negara telah maju yaitu faktor keamanan. Semakin aman suatu negra maka akan meningkatkan stabilitas perekonomian, sehingga masyarakat dapat makmur dan tentram.

Tapi yang terpenting untuk memajukan suatu Negara adalah dari faktor Sumber Daya Manusia, jika sumber daya manusianya berkualitas makan akan mudah mengembangkan negaranya, tapi jika sumber daya manusianya buruk maka akan sulit mengmbangakn negaranya sekalipun memiliki sumber daya alam yang melimpah. >>Baca juga: Pengertian Sumber Daya Manusia dan Peranannya

C. Ciri-Ciri Negara Maju

Berikut ini beberapa ciri yang dimiliki Negara maju, misalnya:

  • Memiliki pendapatan per kapita yang tinggi
  • Perekonomian yang stabil.
  • Angka kematian yang relatif kecil.
  • Penduduk umurnya relatif panjang.
  • Rata-rata penduduk memiliki tingkat pendidikan yang tinggi.
  • Mengusai berbagai macam bidang IPTEK.
  • Pembangunan fasilitas yang merata.
  • Eksport lebih tinggi daripada Inport.
  • Tingkat kesehatan penduduk yang tinggi.
  • Pertumbuhan penduduk dapat terkontrol.
  • Sektor Indutri yang maju, dll.

 D. Contoh Negara maju

Berikut ini beberapa contoh negara yang tergolong sudah maju saat ini, diantaranya:

  • Negara maju di Eropa misalnya: Inggris, Perancis, Italia, Swedia, Jerman, Spanyol, Swiss, dll.
  • Negara maju di benua Asia misalnya: jepang, korea selatan, Australia, dan, singapura.
  • Negara maju di benua Amerika: Amerika serikat dan Kanada.

E. Kesimpulan

Dari uraian di atas maka dapat di simpulkan bahwa pengertian negara maju adalah sebutan bagi Negara-negara yang memiliki standar hidup relatif tinggi, dengan ekonomi yang merata dan teknologi yang maju. Contoh negara maju seperti Inggris, Perancis, Italia, Swedia, Jerman, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Australia, Amerika Serikat, Kanada, dll.

Beberapa faktor yang mempengaruhi majunya suatu negara seperti: 1). Faktor ekonomi; 2). Faktor SDM (Symber daya Manusia); 3). Faktor SDA (Sumber Daya Manusia); 4). Faktor Stabilitas Politik; 5). Faktor Keamanan Negara.

Ciri-Ciri negara maju misalnya 1). Memiliki pendapatan per kapita yang tinggi; 2).Perekonomian yang stabil; 3). Menguasai berbagai IPTEK; 4). Pembangunan fasilitas yang merata; 5) Tingkat kesehatan penduduk yang tinggi, dll;

Pengelompokan negara berkembang dan negara maju sebenarnya bukan pengelompokan secara resmi dari PBB, tetapi istilah ini digunakan oleh organisasi ekonomi dunia supaya memudahkan dalam melakukan kajian-kajian perekonomian.

Itulah penjelasan tentang arti negara maju, semoga dapat kamu pahami dan semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan, terimakasih.

Bagikan Ke: